Berita Riau

Gesa Pembahasan RAPBD 2020, Empat Pimpinan DPRD Bengkalis Riau Resmi Dilantik

Khairul Umam mengatakan, selain fungsi pengawasan, penganggaran dan legislasi, DPRD juga suara rakyat dan harus mendahulukan kepentingan rakyat.

Gesa Pembahasan RAPBD 2020, Empat Pimpinan DPRD Bengkalis Riau Resmi Dilantik
TRIBUNPEKANBARU/M NATSIR
Ketua PN Bengkalis, Rudi Ananta memandu pengucapan sumpah dan janji empat pimpinan DPRD Bengkalis periode 2019-2024, Kamis (17/10/2019). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Empat pimpinan definitif DPRD Bengkalis periode 2019-2024 resmi dilantik, Kamis (17/10/2019) pada sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD sementara, Khairul Umam dan Wakil Ketua Syahrial di gedung DPRD Bengkalis.

Pengucapan sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Rudi Ananta.

Unsur pimpinan yang dilantik adalah Khairul Umam dari Partai Keadilan Sejahtera sebagai Ketua DPRD Bengkalis. Wakil Ketua Syahrial dari Partai Golkar, Kaderismanto dari PDI Perjuangan dan Syaiful Ardi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah selesai prosesi pengucapan sumpah dan janji, empat pimpinan DPRD Bengkalis definitif ini langsung menuju kursi pimpinan.

Khairul Umam mengatakan, selain fungsi pengawasan, penganggaran dan legislasi, DPRD juga sebagai suara rakyat dan harus mendahulukan kepentingan masyarakat. Menurut dia perubahan sosial yang terjadi menuntut seluruh anggota parlemen harus mempersiapkan diri secara profesional, memahami tugas pokok fungsi, meningkatkan ilmu pengetahuan, maupun memahami undang-undang yang berlaku.

"Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, demokratis yang bercirikan keterbukaan, dan menghargai pendapat, Setiap anggota dewan juga dituntut jujur, amanah atau sportif. Siap melayani masyarakat dan berjiwa besar memiliki keteladanan dan rendah hati. Saat menyelenggarakan tugas, pimpinan akan menjaga nama baik, melaksanakan fungsi sesuai prosedur, transparan dan bertanggungjawab, karena masyarakat senantiasa mengawasi, sikap tingkah laku maupun kebijakan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Khairul Umam juga mengajak seluruh anggota dewan untuk memberikan dukungan kepada pimpinan, kerja sama kepala daerah serta jajaran, dukungan forkopimda dan stakeholder serta masyarakat.

"Mari secara bersama-sama mengemban dan melaksanakan tugas masing-masing dan bekerja sama membangun daerah yang dicinta ini," ajaknya.

Khairul Umam juga mengingatkan agenda yang harus segera diselesaikan pemerintah kabupaten bersama DPRD Bengkalis dalam waktu dekat, yaitu pengesahan APBD tahun 2020.
Pembahasannya harus digesa, karena pada akhir November 2019 ini harus disahkan.

"Pekan depan sudah kita agendakan untuk mulai membahas APBD 2020. Akan ada pembahasan antara Banggar dengan TAPD Bengkalis," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/m natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved