karhutla

Jaksa Agung Minta Kasus Karhutla Ditangani Serius

Jaksa Agung RI HM. Prasetyo menegaskan kepada jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, agar fokus dan menaruh perhatian lebih terhadap kasus Karhutla

Jaksa Agung Minta Kasus Karhutla Ditangani Serius
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
KARHUTLA - Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau AKBP Fibri Karpiananto (paling kanan) saat menyerahkan berkas perkara Karhutla PT SSS kepada Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Riau Sofyan Selle, Senin (14/10/2019). AKBP Fibri berharap berkas perkara itu bisa dinyatakan lengkap oleh jaksa. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jaksa Agung RI HM. Prasetyo menegaskan kepada jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, agar fokus dan menaruh perhatian lebih terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karena kasus itu dianggap sebagai kejahatan pada kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Prasetyo saat diwawancarai di sela-sela kunjungannya ke Pekanbaru dalam rangka meresmikan gedung baru Kejati Riau, Kamis (17/10/2019).

"Konsen dan perhatian atensi kita, Karhutla, saya katakan, merupakan kejahatan kemanusiaan. Karena betapa akibat yang ditimbulkan, baik kerusakan lingkungan, pencemaran, bahkan sudah banyak menimbulkan korban," sebutnya.

Ngakunya Hanya nakut-nakuti, Maspuryanto Justru Bakar istrinya Hidup-hidup

Korban yang dimaksud kata Prasetyo, baik yang mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

"Termasuk juga kerugian harta benda," sambung dia lagi.

Jaksa Agung menyatakan, untuk kasus yang satu ini, dia menekankan kepada jajarannya akan menangani dengan serius, sungguh-sungguh, dan tuntas.

"Kita tidak ada kompromi dengan kasus Karhutla ini. Karena ada kecenderungan bukan kebakaran biasa, tapi (sengaja) dibakar. Ini persoalan yang patut menjadi perhatian kita bersama," sebutnya.

Soal Hasil Paripurna AKD DPRD Riau, Marwan: Tak Ada Hibah di Politik!

Menurut Prasetyo, hal ini harus dilakukan, demi memberikan keadilan bagi masyarakat terutama yang terkena dampak dan menjadi korban dari Karhutla.

"Karena dampak dan kerugiannya sangat luas. Tindakan seperti ini adalah kejahatan kemanusiaan. Harus dicegah dan ditindak secara tegas dan tuntas," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved