Dandim Inhil Undang Silaturahmi 23 Penggali Kubur ke Markas Kodim

Dandim Inhil mengundang 23 penggali kubur di Tembilahan untuk bersilaturahmi. Menurut dia, profesi penggali kubur merupakan profesi yang mulia.

Dandim Inhil Undang Silaturahmi 23 Penggali Kubur ke Markas Kodim
Istimewa
Dandim 0314/Inhil Letkol (Inf) Imir Faishal, Kasdim 0314/Inhil Mayor (Inf) Untung Kusmanto, dan jajaran Kodim Inhil saat bersilaturahmi dengan 23 penggali kubur di Tembilahan, Jumat (18/10). 

tribunpekanbaru.com - Sebanyak 23 penggali kubur yang ada di Kota Tembilahan tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia dan bangganya. Biasanya bergelut dengan cangkul daan tanah, kini mereka bertemu dan bersilaturahmi bersama Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Imir Faishal.

Mereka disambut langsung oleh Dandim dan Kasdim Mayor (Inf) Untung Kusmanto di Aula Graha Bakti Kodim 0314/Inhil, Jumat (18/10).

Bagi Letkol Imir Faishal, penggali kubur merupakan profesi sangat mulia di banding profesi lain. “Bahkan profesi kami pun sebagai TNI tidaklah semulia profesi bapak-bapak penggali kubur,” ungkapnya saat ramah-tamah yang diisi makan bersama dan pembagian bantuan ini.

Menurut Imir, penghasilan mereka memang tidak sebanding dengan apa yang dikerjakan, dan tidaklah cukup untuk menafkahi keluarga. Namun mereka selalu bahagia bersama keluarga. “Penghasilan mereka bergantung kepada keluarga duka yang ditinggalkan. Meskipun tidak ada yang menggaji mereka, namun mereka selalu ikhlas menjalankan profesinya,” tutur Imir lagi.

Dandim pun komit akan membantu para penggali kubur semampu dan sebisanya, sebagai motivasi kepada penggali kubur yang rata–rata sudah berusia lanjut ini.

“Tetap semangat, semoga Bapak semua dapat keberkahan. Di dunia ini Bapak semua menggali kubur dengan ukuran 2 x 1 meter, mudah-mudahan di akhirat Bapak semua membangun istana megah di surga, Amin,” katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diwakili H Ali Azhar, mengapresiasi perhatian Dandim kepada penggali kubur yang memang sangat jarang dapat perhatian. “Belum pernah ada acara seperti ini di Tembilahan, baru kali inilah. Ini semua bentuk hidayah dan perhatian dari Kodim 0314/Inhil,” ujar Ali Azhar.

Ali Azhar berharap, apa yang dilakukan Kodim 0314/Inhil bisa jadi contoh bagi semua pihak, dan dapat mendorong kepedulian dari pemerintah untuk memperhatikan mereka semua. “Jadi ketua RT saja bisa dapat honor dari pemerintah, masa penggali kubur tidak bisa. Agar Bapak-bapak penggali kubur ini merasa sedikit dihargai,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved