Pelalawan

Sudah P21, Polres Pelalawan Riau Limpahkan Kasus Karhutla dan Perambahan TNTN ke Kejaksaan

Penyidik Satreskrim Polres Pelalawan menyerahkan seluruh barang bukti berikut tersangka ke JPU.

Sudah P21, Polres Pelalawan Riau Limpahkan Kasus Karhutla dan Perambahan TNTN ke Kejaksaan
Istimewa
Penyidik Satreskrim Polres pelalawan melimpahkan tersangka dan barang bukti kasus Karhutla san Kehutanan ke JPU Kejari Pelalawan. 

Sudah P21, Polres Pelalawan Riau Limpahkan Kasus Karhutla dan Perambahan TNTN ke Kejaksaan

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan Riau melimpahkan tahap dua kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhula) serta Perambahan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan dalam satu pekan ini.

Berkas kedua kasus itu telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan, setelah melalui proses pelengkapan berkas pada pelimpahan tahap pertama atau P19.

Penyidik Satreskrim Polres Pelalawan menyerahkan seluruh barang bukti berikut tersangka ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk proses hukum lebih lanjut.

"Dalam minggu ini kita melimpahkan dua berkas perkara ke JPU setelah P21. Kasus Karhutla dan kasus kehutanan TNTN. Tersangka dan barang bukti telah diserahkan," beber Kapolres Pelalawan, AKBP Muhammad Hasym Risahondua SIK melalui Kasat Reskrim AKP Teddy Ardian SIK, kepada tribunpelalawan.com, Jumat (18/10/2019).

BOLA LOKAL: Tim Sepakbola Riau Gelar Laga Ujicoba Terakhir Jelang ke Bengkulu, Ini Lawan Tandingnya

Kasat Teddy menjelaskan, perkara Karhutla dengan tersangka Erwin (43) dilimpahkan pada Rabu (16/10/2019) lalu.

Warga Kapung Batu Desa Sungai Buluh Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan ini ditangkap karena diduga melakukan pembakaran lahan pada 31 Juli lalu di sekitar kampung Batu.

Pelaku dijerat dengan pasal 108 Undang-undang RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, junto pasal 108 UU nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan.

Kemudian kasus tindak pidana kehutanan dengan tersangka Samsul Ritonga alias Samsul (43) yang tinggal di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui, Pelalawan.

Oknum Polisi Pekanbaru Bawa Sabu 3 Kg dan Ditangkap di Jambi Terancam Dipecat

Samsul diduga melakukan perambahan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) pada 13 Agustus lalu.

Tersangka dijerat dengan pasal 83 dan 84 UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

"Ada beberapa perkara kehutanan dan Karhutla yang saat ini masih proses P19, dalam waktu dekat akan kita serahkan tahap duanya," tambah Kasat Teddy. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved