Kepala Sekolah Diminta Sosialisasikan Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah masih belum sesuai penulisan bahasa Indonesia yang benar.

Kepala Sekolah Diminta Sosialisasikan Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar
foto/istimewa
Kepala Balai Bahasa Riau Drs Songgo A Siruah MPd (kanan) memberikan pelakat penghargaan kepada Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Siak, H Lukman SSos MPd di Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuapten Siak, H Lukman SSos MPd mengatakan, penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah masih belum sesuai penulisan bahasa Indonesia yang benar.

Padahal, sekolah adalah tempat berhimpunnya kalangan intelektual. Untuk itu, kepala sekolah diminta membenahi penggunaan bahasa Indonesia di sekolah.

Hal itu disampaikan Lukman di hadapan sekitar 50 kepala sekolah SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK saat membuka acara Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Pengguna Media Luar Ruang di Siak, Kamis (10/10/2019).

Lukman mengakui, kesadaran terhadap penggunaan bahasa Indonesia di tempat umum masih kurang.

Contohnya penggunaan bahasa untuk papan nama, papan petunjuk dan lainnya yang tidak lengkap. “Padahal, semua itu diakses oleh publik,” kata dia.

Menurut Lukman, penilaian terhadap penggunaan bahasa Indonesia untuk ruang publik dan media luar ruang pernah dilakukan oleh tim dari pusat.

Akan tetapi, Siak tidak masuk dalam pengguna bahasa Indonesia kategori “terkendali”.

Untuk itu, dia menghimbau kepala sekolah bisa ikut menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia secara lebih baik lagi.

“Dengan keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) No 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia harus kita apresiasi dan perlu didukung semua pihak tanpa mengabaikan bahasa daerah dan bahasa asing,” kata Lukman.

Untuk bahasa daerah, kata Lukman, di Siak diterapkan pengunaan bahasa Melayu bagi pegawai instansi setiap Hari Jumat.

Penggunaan bahasa Melayu ini menjadi kekhasan terdiri bagi Siak. Begitu juga dengan penggunaan bahasa Melayu pada papan nama lembaga/instansi.

Halaman
12
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved