Berita Riau

Iuran Dibayar APBD, 6.765 Tenaga Honorer Pemkab Siak Riau Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Sebanyak 6.765 tenaga honorer di lingkungan Pemkab Siak sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Iuran Dibayar APBD, 6.765 Tenaga Honorer Pemkab Siak Riau Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan
istimewa
Bupati Siak Alfedri menandatangani prasasti Kampung Laksamana sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 2019, Senin (21/10/2019) di Gedung Tengku Mahratu Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri mengatakan, tenaga honorer di lingkungan Pemkab Siak sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jumlah tenaga honorer yang sudah didaftarkan tersebut sebanyak 6.765 orang, yang dibiayai oleh APBD Siak.

Hal itu disampaikannya saat melaunching kampung Laksamana sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan yang ke -4, Senin (21/10/2019) di gedung Tengku Mahratu, Siak.

Dalam sambutannya, Alfedri menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah melaunching 4 Kampung Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Siak. Kegiatan itu berjalan mulai 2017 di Kampung Buantan Bestari, 2018 di Tualang, 2019 di 2 Kampung sekaligus yakni di Pinang Sebatang Timur dan di Kampung Laksamana Kecamatan Sabak Auh.

"Selain menjadikan 4 kampung sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan bantuan pembangunan untuk kantor BUMKam," kata dia.

Menurut Alfedri, masyarakat harus paham manfaat sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya agar masyarakat memahami dampak sosial yang bisa datang kapan saja dalam kehidupan sehari-hari.

"Minimal terdaftar pada 2 jaminan, yakni JKK dan JKM. Baik penerima upah maupun tidak, boleh mendaftar," kata dia.

Iuran untuk mendapatkan 2 jaminan juga sangat murah. Karena itu pihaknya mendorong masyarakat ikut menajdi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Lagi pula uang kita tidak hilang. Suatu saat dapat kita klaim," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Direktur Kesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan Ahmad Afiz menjelaskan, desa sadar ini menjadi salah satu program utama yang sedang digiatkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan itu bukan karena hanya sekadar sebuah nawacita melainkan lebih kepada memaklumi sebuah angka. Sebab hampir 60 persen masyarakat Indonesia itu adanya di Desa/Kampung.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved