Berita Riau

Kusnan Rela Tumbangkan Pohon Sawit untuk Lahan Sawah,Modal Lebih Enteng, Hasil Menjanjikan

Kusnan merupakan satu di antara 76 petani yang secara serempak menumbangkan kelapa sawitnya untuk dijadikan sawah.

Kusnan Rela Tumbangkan Pohon Sawit untuk Lahan Sawah,Modal Lebih Enteng, Hasil Menjanjikan
Tribun Pekanbaru/ Mayonal Putra
Sawah di Kecamatan Bungaraya, Siak (ilustrasi). Petani di daerah ini rela menumbangkan pohon kelapa sawit untuk dijadikan sawah. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kusnan (45), petani di Kampung Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau rela menumbangkan kelapa sawitnya untuk dijadikan lahan sawah.

Kusnan merupakan satu di antara 76 petani yang secara serempak menumbangkan kelapa sawitnya untuk dijadikan sawah.

"Ada 1 Hektar lahan kelapa sawit saya yang baru berbuah dan 1 hektare lahan karet yang berumur 7 tahun, saya tumbang," kata Kusnan, Senin (21/10/2019).

Menurut Kusnan, lahan sawah jauh lebih menguntungkan daripada kelapa sawit atau karet. Untuk 1 hektare lahan sawit hanya menghasilkan Rp 800 ribu perbulan, sementara 1 Ha lahan sawah bisa menghasilkan Rp 24 juta sekali panen.

"Modalnya juga lebih enteng di sawah dibanding sawit. Sekarang di tempat kami sudah bisa panen 2 kali setahun," kata dia.

Kusnan dan juga petani sawit lainnya di Bungaraya, juga masih berencana menumbangkan sawitnya yang lain. Kusnan sendiri masih punya 8 Ha lahan sawit. Rencananya tahun depan akan ditumbangkan untuk 2 Ha lahan dan dialihfungsikan menjadi sawah.

"Yang ditumbangkan bulan lalu masih dalam proses untuk penanaman. Kami semua di sini mendapat bantuan pemerintah, serta mendapat bantuan alat pertanian," kata dia.

Kusnan bersama 76 petani lain yang ikut mengalihkan fungsi lahan sawit juga mendapat alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah. Alsintan tersebut digunakan untuk kepentingan kelompok dalam menggarap lahan baru pesawahan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Siak, Budiman Shafari mengatakan, ada 80 Ha lahan kebun kelapa sawit warga yang dialihfungsikan menjadi sawah di Kecamatan Bungaraya. Lokasinya ada di Kampung Buantan Lestari, Tuah Indrapura, Kemuning Muda, Jatibaru dan Langsat Permai.

"Kondisi sawit mereka sebenarnya masih produktif. Namun mereka melihat masa depan pertanian padi lebih menjanjikan dibanding sawit, sehingga mereka mau mengalihkan fungsi kebun sawit menjadi lahan sawah. Pemerintah tentu support ini," kata dia.

Alsintan yang dibagikan berupa traktor, pompa air, cultivator dan power thereser. Selain juga dibantu benih padi untuk seluruh lahan yang tersedia. Saat warga menumbangkan pohon sawitnya juga dibantu alat oleh pemerintah.

Kampung-kampung yang mengalihkan fungsi sawit menjadi sawah adalah Kampung Buantan Lestari seluas 10,5 Ha, kampung Tuah Indrapura 25,5 Ha,
Kemuning Muda 6 Ha, Langsat Permai 25 Ha dan Jatibaru 14 Ha.

"Ini kegiatan yang luar biasa, dan para petani mengambil risiko demi masa depan yang lebih baik. Kita tentu membantu kegiatan ini sampai mereka memperoleh untung yang berlebih," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved