Dumai

Tak Harus dari Parpol, Ini Cara Maju Secara Perseorangan di Pilkada Dumai 2020

Tidak harus mendapatkan partai politik untuk maju ‎sebagai calon walikota Dumai.

Tak Harus dari Parpol, Ini Cara Maju Secara Perseorangan di Pilkada Dumai 2020
Internet
Ilustrasi 

Tak Harus dari Parpol, Ini Cara Maju Secara Perseorangan di Pilkada Dumai 2020

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Tidak harus mendapatkan partai politik untuk maju ‎sebagai calon walikota Dumai, seseorang juga bisa maju sebagai calon walikota Dumai melalui jalur perseorangan.

Ketua KPU Kota Dumai, Darwis, SAg mengungkapkan, ‎untuk maju sebagai bakal pasangan calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Dumai wajib menyerahkan syarat dokumen dukungan ke KPU.

"Jadi kalau mau maju di jalur perseorangan, pasangan calon harus mendapat dukungan sebanyak 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan terakhir," ‎katanya, Senin (21/10/2019).

Darwis menjelaskan, terkait perubahan formulir B1kwk pencalonan perseorangan. Yaitu 1 lembar formulir dilampiri 1 lembar fotocopy KTP.

BREAKING NEWS: Satu Truk Terguling di Jalintim Desa Palas Pelalawan Riau, Akibatkan Kemacetan

Dikenalkan Hari Ini, Presiden Joko Widodo Umumkan Jaran Menterinya, Ada Tiga Nama Putra Riau Mencuat

‎Ia menyampaikan, tahapan penyerahan dokumen calon perseorangan kepada KPU berikut dokumen perbaikannya, serta penetapan jumlah dukungan berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 dan PKPU nomor 3 tahun 2017 serta PKPU 15 tahun 2017.

"Untuk Dumai jumlah DPT Pemilu terakhir adalah sejumlah 181.039 yang tersebar dalam 7 kecamatan. Sehingga persentase dukungan perseorangan harus mendapatkan 10 persen dari DPT," imbuhnya.

Proses selanjutnya, pekan depan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Sosialisasi Pencalonan untuk menyosialisasikan syarat pendaftaran bakal calon kepala daerah dalam Pemilihan Wali Kota Dumai.

"Kita khawatir calon perseorangan ini sudah menyiapkan dukungan banyak tapi kemudian secara administrasi tidak terpenuhi. Makanya kita menyosialisasikan tata cara penyusunan dukungan bagi calon perseorangan," imbuhnya.

13 Barang yang Tak Boleh Lupa Dibawa Jemaah ke Tanah Suci, yang Pertama Kali Umrah Wajib Tahu

Masyarakat Umum Boleh Datang ke Istana Merdeka, Cara Mengunjunginya Ikuti Aturan dan Persyaratan Ini

Pendaftaran untuk jalur independen, tambahnya menjadi perhatian utama bagi KPU dalam melaksanakan sosialisasi karena akan mulai pendaftarannya lebih dahulu daripada jalur partai politik.

‎"Mengingat ada perubahan aturan dari pilkada sebelumnya. tetap harus melampirkan bukti berupa fotokopi KTP elektronik sebagai bukti dukungan," pungkasnya. (tribundumai.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved