Sasar Delapan Pelanggaran, Jajaran Polda Riau Gelar Operasi Zebra 2019

Polda Riau dan jajaran secara resmi menggelar operasi terpusat dengan sandi Zebra Muara Takus 2019, mulai Rabu (23/10/2019).

Sasar Delapan Pelanggaran, Jajaran Polda Riau Gelar Operasi Zebra 2019
tribun pekanbaru
Polisi Lalu Lintas Polresta Pekanbaru melakukan razia kendaraan di Jalan Arifin Achmad, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan jajaran secara resmi menggelar operasi terpusat dengan sandi Zebra Muara Takus 2019, mulai Rabu (23/10/2019).

Operasi dibidang lalu lintas ini sesuai jadwal akan dilaksanakan selama dua pekan ke depan.

Setidaknya ada 8 sasaran utama dalam kegiatan ini. Terutama jenis pelanggaran yang kasat mata (terlihat).

Di antaranya pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus lalu lintas, berboncengan lebih dari satu penumpang.

Pengendara dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI. Mengemudi dalam keadaan mabuk, mengemudi dengan kecepatan tinggi, serta administrasi kendaraan dan pengemudi.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra Muara Takus 2019 dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, bertempat di halaman Mapolda Riau, Rabu pagi.

Agung mengatakan, operasi ini bertujuan menekan pelanggaran lalu lintas, terutama yang mengakibatkan fatalitas pada korban kecelakaan lalu lintas.

"Kita ingin masyarakat lebih tertib berlalu lintas, karena berlalu lintas sebenarnya juga bertingkah laku. Tentunya harus yang baik, karena jalanan adalah area publik," kata Agung.

Lanjut dia, pada dasarnya semua orang punyak hak yang sama untuk menggunakan jalan. Namun perlu adanya aturan, agar penggunaan jalan bisa maksimal.

"Prilaku di jalan raya sudah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas, kita ingin meningkatkan prilaku berlalu lintas yang makin baik," ucap Jenderal bintang dua ini.

Dia memaparkan, maksudnya tak lain adalah untuk melindungi masyarakat dari kejadian kecelakaan lalu lintas, khususnya yang fatal dan menyebabkan meninggal dunia. "Karena kita melihat, dari beberapa kejadian di sini," tuturnya.

Kapolda membeberkan, dalam operasi ini, Polda Riau mengerahkan 320 orang personel. Ditambah dari Dishub dan juga POM TNI.

Operasi Zebra Muara Takus 2019 akan digelar selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019. (*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved