Berita Riau

NEWS VIDEO: KPU Meranti Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat di Pilkada 2020

Komisioner KPU Meranti Divisi Partisipasi Masyarakat Hanafi menambahkan bila berkaca pada Pemilihan Presiden dan Legislatif di Kepulauan Meranti masih

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti menggelar konferensi pers pada Rabu (23/10/2019) bertempat di Hotel Dyva, Selatpanjang.

Kegiatan ini mengangkat tema "Dari pemilu 2019 menuju Pilkada serentak 2020".

Kegiatan dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kepulauan Meranti beserta seluruh staf dan sejumlah awak media.

Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid menyampaikan bahwa saat ini proses tahapan pilkada sudah memasuki tahap Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Selain itu Abu Hamid juga menegaskan bahwa saat ini pengelolaan keuangan untuk pilkada berbeda dari pemilu sebelumnya.

"2020 dana keuangan kami kelola sendiri. Sebelumnya semua pengelolaan dari KPU RI kita tinggal melaksanakan kegiatan, jadi kita tidak bisa berinovasi, berimprovisasi," ujar Abu Hamid.

Komisioner KPU Meranti Divisi Partisipasi Masyarakat Hanafi menambahkan bila berkaca pada Pemilihan Presiden dan Legislatif di Kepulauan Meranti masih sangat rendah, bahkan terendah di Provinsi Riau.

"Kita mau menyampaikan bahwa kemarin kita menjadi predikat akhir dalam partisipasi pemilih. Dimana ada 73 persen untuk DPRD, dan pemilihan presiden 71 persen, bahkan partisipasi ini paling rendah untuk provinsi Riau," ujar Hanafi.

Dikatakan Hanafi saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Kepulauan Meranri dalam memilih.

"Ke depan kita sedang menyiapkan berbagai inovasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat memilih," ujarnya.

Selain itu dikatakannya bahwa ke depan juga pihaknya akan mencoba juga untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di Kepulauan Meranti dengan dinas terkait.

"Ini untuk mengantisipasi adanya data berbeda maupun data ganda yang kerap terjadi saat pemilihan, untuk itu kita akan berkoordinasi juga dengan dinas terkait dalam hal ini Disdukcapil," ujar Hanafi.

Selain itu dikatakan Hanafi pihaknya juga akan bekerjasama dengan media agar ikut bersama-sama mensukseskan pilkada 2020 mendatang.

"Hal ini mengingat keterbatasan kami juga dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Selain itu juga kita ingin agar semua informasi terkait KPU maupun penyelenggaraan pilkada memang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, dan itu hanya bisa dilakukan oleh media." Pungkas Hanafi. (tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved