Breaking News:

Penunjukan Menag Mendapat Protes dari Kiai, Apa Alasannya?

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Robikin Emhas mempertanyakan terkait penunjukan Fachrul Razi

Editor: Ilham Yafiz
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi saat pengenalan menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Penunjukan Menag Mendapat Protes dari Kiai, Apa Alasannya?

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Robikin Emhas mempertanyakan terkait penunjukan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag).

Ia mengatakan, pihaknya menerima protes dari banyak kiai terkait jabatan Menteri Agama.

Menurutnya, banyak kiai di berbagai daerah merasa kecewa dengan keputusan Jokowi terkait jabatan Menag.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," kata Robikin dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10/2019).

Menurut Robikin, para kiai paham bahwa Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama.

Namun sayangnya, pemilihan pemimpin Kemenag tak sesuai dengan yang diharapkan dalam membentengi NKRI dari ajaran radikalisme.

Berhasil Cetak Enterpreneur Kreatif, Be Kraf Pamit di Twitter

Usai Sidang Kasus Narkoba yang Menjeratnya, Nunung Sempat Lemas hingga Hampir Pingsan

4 Hari Tak Terlihat dan ke Mesjid,Mantan Ketua Panwaslu di Siak Ditemukan Tewas dalam Kamar Rumahnya

"Para kiai sudah lama merisaukan fenomena terjadinya pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran. Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah di antara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini," katanya.

Karena dampak dari radikalisme itu sangat membahayakan, kata Robikin, maka secara kelembagaan, NU sudah mengantisipasi dan mengingatkannya jauh-jauh hari.

"Bahkan NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, di samping darurat narkoba dan LGBT," tandas Robikin.

Diberitakan Kompas.com, Jenderal (purn) Fachrul Razi ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Agama dalam kabinet periode 2019-2024.

Dia dilantik pada Rabu (23/10/2019) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Fachrul Razi menggantikan Lukman Hakim Saifuddin yang merupakan politisi PPP.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PBNU: Banyak Kiai Daerah Kecewa dan Protes soal Jabatan Menteri Agama", https://regional.kompas.com/read/2019/10/23/14475101/pbnu-banyak-kiai-daerah-kecewa-dan-protes-soal-jabatan-menteri-agama.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved