Android 10, Seri Teranyar Android, Catat Smartphone Yang Dapat Upgrade Sebelum Awal Tahun 2020

Pengguna android wajib tahu informasi upgrade sistem operasi itu apakah dapat digunakan atau tidak pada smartphone anda.

Android 10, Seri Teranyar Android, Catat Smartphone Yang Dapat Upgrade Sebelum Awal Tahun 2020
pexels.com
Sistem Operasi Smartphone Android 

Android 10, Seri Teranyar Android, Catat Smartphone Yang Dapat Upgrade Sebelum Awal Tahun 2020

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pengguna android wajib tahu informasi upgrade sistem operasi itu apakah dapat digunakan atau tidak pada smartphone anda.

Google telah menggelontorkan sistem operasi (OS) terbaru Android 10 sejak awal September kemarin.

Kini, raksasa teknologi asal Mountain View, AS, ini mengonfirmasi bahwa sudah ada sejumlah vendor yang mulai gencar untuk mengadopsi OS teranyar itu.

Video : Angkat Bicara, PA Ungkap Pekerjaannya dan Sampaikan Maaf pada Orangtua serta Keluarga Besar

SUPER Big Match Persib Bandung vs Persija Jakarta di Liga 1 2019, Jakmania Dilarang Hadir (VIDEO)

Kronologi Anggota TNI AD Dipukuli dan Dicekik OTK Hingga Pingsan, Pelaku Melarikan Diri

Sejumlah vendor tersebut mencakup Xiaomi, Essential, Nokia, OnePlus, Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, Transsion, dan Vivo.

Google juga mengklaim bahwa beragam vendor-vendor smartphone di atas untuk memberbarui beberapa OS smartphone buatan mereka, ke Android 10 setidaknya hingga akhir 2019 ini.

Meski demikian, terlepas dari merek, Google tidak menyebutkan secara spesifik model ponsel apa saja yang bakal kebagian update Android 10.

Biasanya, keputusan itu tergantung dari masing-masing vendor.

Namun, Google sendiri memprediksi bahwa proses pembaruan Android Pie ke Android 10 oleh para vendor tersebut nantinya bakal berjalan lebih cepat ketimbang proses pengadopsian Android Oreo ke Pie.

Pihak Google mencontohkan proses pengadopsian OS yang telah dilakukan oleh Samsung.

Vendor asal Korea Selatan itu telah menggelontorkan pembaruan Android 10 (versi open beta) ke sejumlah perangkatnya sejak 12 Oktober lalu.

Padahal, pembaruan Android Pie sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Minggu (27/10/2019), digelontorkan pertama kali oleh Samsung pada 15 November silam.

Sementara beberapa vendor, seperti Nokia, Essential, Xiaomi, hingga OnePlus, sudah membekali beberapa ponsel teranyar mereka dengan Android 10.

Nokia 8.1 dan OnePlus 7T, misalnya, sudah menjalankan Android 10. Lantas, akankah beragam vendor yang telah disebutkan di atas tadi bakal meluncurkan upgrade Android 10 dengan mulus sebelum 2020 datang? Kita tunggu saja. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Smartphone yang Dapat Update Android 10 sebelum Ganti Tahun", https://tekno.kompas.com/read/2019/10/27/15040047/daftar-smartphone-yang-dapat-update-android-10-sebelum-ganti-tahun.

Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved