Mau Maju Jalur Perseorangan di Pilkada Bengkalis. Harus Siap Kumpulkan 32.805 Dukungan

Bakal calon perseorangan di Pilkada Bengkalis harus didukung paling sedikit 8,5 persen dari jumlah DPT terakhir, yakni 32.805 dukungan.

Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Pleno KPU Bengkalis terkait penetapan jumlah dukungan minimum bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bengkalis perorangan, Sabtu (26/10/2019) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis mengelar rapat pleno penetapan jumlah minuman dukungan pesyaratan bakal calon peseorangan Bupati dan wakil bupati Bengkalis untuk Pilkada 2020 mendatang.

Rapat pleno digelar di aula kantor KPU Bengkalis, Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Rapat Pleno dipimpin langsung Ketua KPU Bengkalis, Fadhilah Almausuly didampingi empat komisioner KPU lainnya.

Dalam pleno tesebut dihadiri Sekretaris KPU Pujiono, para Kasubag dan sejumlah staf di lingkungan KPU Bengkalis.

Dalam pleno tersebut juga diikuti oleh dua orang staf Bawaslu Bengkalis yakni Joni Iskandar dan Marzuli yang ditugaskan secara khusus melakukan pengawasan terhadap jalannya proses rapat pleno.

Rapat pleno dilaksanakan secara tertutup dan tanpa dihadiri pihak-pihak maupun instansi terkait lainnya selain pihak KPU Bengkalis.

Momen Asuransi Dekat Masyarakat, Ribuan Warga Pekanbaru Ramaikan Puncak Hari Asuransi

Hasil pleno tersebut Ketua KPU Bengkalis Fadhilah Almausuly membacakan SK penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan bakal calon pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis tahun 2020 yang maju secara perorangan.

Bukan Tukang Ojek, Perusuh KKB PD Laporkan Ke Komandan Telah Berhasil Tembak Mati Anggota TNI/Polri

Dimana SK tersebut merupakan hasil rapat KPU Bengkalis dan sudah melalui proses koordinasi dengan sejumlah pihak, baik dengan Bawaslu Bengkalis maupun PD atau Satuan Kerja (Satker) terkait di Pemerintah Bengkalis.

"Bahkan kita juga telah melalui musyawarah dan mufakat di internal KPU," ungkap Fadhillah Almausuly.

Pada SK yang dibacaian di dalam pleno tersebut KPU Bengkalis mengeluarkan keputusan jumlah DPT terakhir di Kabupaten Bengkalis sebanyak 385.941 sesuai hasil DPTHP 3 pada Pemilu 2019 lalu.

Selanjutnya bakal calon perseorangan harus didukung paling sedikit 8,5 persen dari jumlah DPT terakhir, yakni 32.805 dukungan.

Dukungan tersebut harus tersebar di lebih 50 persen kecamatan di Kabupaten Bengkalis, yakni minimal di enam kecamatan.

"Dengan telah ditetapkannya persyaratan terkait jumlah dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilkada Bengkalis tahun 2020 ini, kiranya bisa menjadi panduan bagi bakal calon perseorangan untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal pasangan calon," ungkap Ketua KPU Bengkalis.

Berita Acara dan SK penetapan tersebut kemudian ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU dan selanjutnya satu salinan diserahkan kepada Bawaslu Bengkalis yang diterima langsung oleh Staf Bawaslu Bengkalis Marzuli. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved