Berita Riau

Suasana Belajar Menyenangkan Bagi Anak,Guru PAUD Siak Riau Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik

Kegiatan itu menghadirkan Sinung Widodo atau Om Sinung untuk mengisi acara. Sinung adalah seorang komponis lagu anak-anak, sekaligus praktisi PAUD.

Suasana Belajar Menyenangkan Bagi Anak,Guru PAUD Siak Riau Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik
istimewa
Sebanyak 866 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pengelola dan kepala sekolah mengikuti workshop Literasi Kompetensi dalam bidang seni, Sabtu (26/10/2019) di Gedung Kesenian Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Kabupaten Siak menggelar workshop Literasi Kompetensi dalam bidang seni, Sabtu (26/10/2019) di Gedung Kesenian Siak.

Kegiatan itu diikuti 866 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pengelola dan kepala sekolah PAUD.

Bunda Literasi dan Bunda PAUD Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri turut hadir pada kegiatan itu. Ia sangat mengapresiasi workshop tersebut. Rasidah berharap, kegiatan itu bisa mendorong peningkatan pengetahuan bagi tenaga pendidik, sehingga lebih kreatif, produktif dan inovatif.

"Dengan upaya ini kita berharap mampu meningkatkan pengetahuan dan keadilan dalam pembangunan PAUD yang lebih berkualitas," katanya.

Kegiatan itu menghadirkan Sinung Widodo atau Om Sinung untuk mengisi acara. Sinung adalah seorang komponis lagu anak-anak, sekaligus praktisi PAUD Nasional.

Om Sinung memberikan materi workshop seperti, teknik bercerita, teknik bernyanyi, teknik gerak dan lagu serta bagaimana membacakan buku dengan suara unik.

"Efeknya nanti menciptakan rasa bahagia untuk anak-anak. Rasa senang untuk masuk ke dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan," ucap dia.

Tidak hanya itu para peserta diajari gerak-gerakan seni dan menggunakan media lagu sebagai alat pembelajaran bagi anak.

"Melalui lagu, anak-anak itu senang. Mereka tidak merasa kalau belajar, padahal di dalam lagu itu terkandung suatu pelajaran bagi mereka," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak Lukman mengatakan, workshop ini dalam rangka meningkatkan kompetensi kepala, pengelola dan guru TK/PAUD melalui Workshop Literasi dalam Bidang Seni se-Kabupaten Siak.

Lukman menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkat kompetensi para kepala, pengelola dan guru bidang literasi dan seni budaya, sehingga pemahaman terhadap proses pendidikan di TK/PAUD senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan peserta didik.

Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Siak, Maria merasa senang mengikuti workshop tersebut. Menurutnya, metode belajar yang menyenangkan membuat anak- anak murid merasa betah dan tidak bosan untuk ke sekolah.

Dituturkannya, Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia PAUD harus sering diberi pelatihan. Agar metode pembelajaran yang digunakan relevan dan mengikuti perkembangan zaman.

"Mereka perlu diberi pelatihan apa yang baru. Agar metode yang digunakan selalu up to date dan mudah diterima oleh anak-anak," kata Maria. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved