Berita Riau

Calon Independen yang Ingin Maju Pilkada Kuansing Riau 2020 Butuh 22.490 Dukungan Warga

Bagi yang akan maju dari jalur independen membutuhkan 22.490 dukungan warga. Dukungan tersebut harus diserahkan ke KPU.

Calon Independen yang Ingin Maju Pilkada Kuansing Riau 2020 Butuh 22.490 Dukungan Warga
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
PELUANG dan SYARAT Calon Perseorangan pada Pilkada Riau 2020 di Tengah Penjaringan Balon oleh Partai 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Bagi bakal calon independen yang akan maju di Pilkada Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau tahun 2020 harus mengumpulkan fotokopi KTP warga Kuansing.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing Irwan Yuhendi mengatakan, bagi yang akan maju dari jalur independen membutuhkan 22.490 dukungan warga. Dukungan tersebut harus diserahkan ke KPU.

"Minimal harus bisa mengumpulkan 22.490 dukungan," kata Irwan Yuhendi, Senin (28/10/2019).

Jumlah dukungan tersebut merupakan sepuluh persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kuansing yakni 224.898 pemilih. Angka sepuluh persen ini memang merupakan aturan dari Undang Undang.

Irwan mengatakan DPT yang digunakan untuk pengambilan sepuluh persen tersebut merupakan DPT terakhir yang digunakan di Kuansing yakni DPT Pemilu serentak April lalu.

"Itu DPT terakhir. Pas pemilu kemarin," ujarnya.

Dukungan berupa fotokopi warga tersebut harus disertai dengan surat peenyataan warga. Sehingga fotokopi yang didapat bakal calon independen memang benar-benar dari warga.

KPU Kuansing sudah melakukan rapat internal terkait dengan syarat dukungan bagai bakal calon independen. Sehingga disepakati angkat minimal dukungan tersebut.

Irwan mengatakan soal syarat-syarat calon independen ini akan diumumkan pada akhir 25 November sampai Desember 2019. Sehingga bagi calon yang berminat maju di jalur independen, bisa mengetahui syarat-syaratnya.

Dalam sejarahnya Pilkada Kuansing, kata Irwan, belum ada pasangan yang maju dari jalur independen. Namun, pihaknya tetap membuka jalur tersebut.

"Ini (jalur independen) kan juga amanah undang-undang," ujarnya.

Sejauh ini, sejumlah calon yang akan berlaga di Pilkada Kuansing sudah mulai bermunculan. Diantaranya, sang petahana Mursini. Begitu juga wakil bupati Halim. Ketua DPRD Kuansing Andi Putra juga maju.

Nama-nama calon yang akan maju tersebut menempuh jalur partai. Mereka sudah mendaftar ke beberapa partai. (Tribunpekanbaru.com/palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved