Berita Riau

Murid SD Bikin Kulkas Tanpa Listrik,Setahun Program Pintar Tanoto Foundation di Bengkalis Riau

Puluhan karya inovasi siswa yang dikembangkan dalam pembelajaran, dipamerkan pada acara yang bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu Bengkalis.

Murid SD Bikin Kulkas Tanpa Listrik,Setahun Program Pintar Tanoto Foundation di Bengkalis Riau
TRIBUNPEKANBARU/M NATSIR
Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka kegiatan Unjuk Karya Praktik Baik Sekolah Mitra Tanoto Foundantion, Senin (28/10/2019) di Gedung LAM Bengkalis. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - SDN 3 Bengkalis memamerkan karya kulkas tanpa listrik buatan mereka. SDN 3 merupakan satu dari 28 sekolah tingkat SD, MI serta SMP dan MTs di Kabupaten Bengkalis yang ikut meramaikan showcase atau Unjuk Karya Praktik Baik Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (Pintar) yang merupakan hasil kerjasama Tanoto Foundation dan Pemkab Bengkalis, Senin (28/10/2019).

Puluhan karya inovasi siswa yang dikembangkan dalam pembelajaran, dipamerkan pada acara yang bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu Bengkalis.

Ada juga SDN 47 Bengkalis menerapkan manfaat bioteknologi dalam pembuatan tape, selanjutnya SDN 1 Bantan menampilkan otomatisasi sederhana lampu merah yang mereka buat di kelas.

Selain itu juga terlihat dalam unjuk karya ini MI Negeri 1 Bengkalis membuat pembangkit listrik tenaga angin sederhana.

Selanjutnya SDN 15 Bantan, menampilkan pemanfaatan minyak goreng bekas untuk digunakan sebagai bahan bakar lampu penerangan.

Sementara siswa SMPN 2 Bengkalis menunjukkan percobaan menguji kandungan vitamin C pada makanan dengan menggunakan iodine. Tiga tetes iodine yang dimasukkan pada makanan dan minuman, dapat memperlihatkan kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya.

"Bila setelah ditetesi iodine warna makanan dan minuman berubah menjadi lebih pekat, maka dipastikan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi," terang Dika Emilian, siswa kelas VII SMPN 2 Bengkalis.

Beda lagi dengan siswa SMPN 8 menampilkan media langit Aljabar untuk memudahkan mereka belajar matematika.

Kemudian MTs Negeri 1 Bengkalis memamerkan prosedur teks dalam Bahasa Inggris, how to make sandwich sambil memeragakan pembuatannya.

Cara ini membuat siswa lebih termotivasi praktik berbahasa Inggris.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved