Berita Riau

Hasilkan 6-10 Ton Padi Per Ha, Bungaraya Siak Riau Jadi Etalase Daerah Irigasi Rawa Terbaik Nasional

Sawah di Kecamatan Bungaraya Siak sejak beberapa tahun belakangan bisa tanam dua sampai tiga kali setahun dengan hasil produksi 6-10 ton per hektare.

Hasilkan 6-10 Ton Padi Per Ha, Bungaraya Siak Riau Jadi Etalase Daerah Irigasi Rawa Terbaik Nasional
Tribun Pekanbaru/mayonal putra
Kepala Dinas PU Tarukim Siak Drs.H.Irving Kahar Arifin, M.Eng 

TRIBUNSIAK.COM, TRIBUN - Kecamatan Bungaraya menjadi Daerah Irigasi Rawa (DIR) terbaik secara nasional. Saat ini, perkampungan di kecamatan itu benar-benar menjadi lumbung padi untuk Kabupaten Siak.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak Irving Kahar Arifin, DIR Bungaraya secara hydrotopografi masuk kategori D atau pasang tertinggi tidak masuk air ke pesawahan.

Namun, sawah di kecamatan ini sejak beberapa tahun belakangan bisa tanam dua sampai tiga kali setahun dengan hasil produksi 6-10 ton per hektare.

"Ini daerah gersang awalnya, yang membutuhkan komitmen tinggi pemerintah untuk mengalirkan air ke lahan pesawahan,"jelas Irving, Selasa (29/10).

Keberhasilan produksi padi tersebut dipicu oleh masifnya pembangunan irigasi dan pompanisasi.

Program tersebut dirancang Pemkab Siak namun dibiayai dari DAK APBN. Hingga sekarang, Dinas PU Tarukim terus berupaya menambah irigasi dan pompanisasi untuk meningkatkan debit air.

"Karena keberhasilan produksi padi, dengan peningkatan jumlah produksi yang signifikan, maka Bungaraya menjadi etalase daerah irigasi rawa terbaik," ucapnya.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III Kementrian PUPR menetapkan Bungaraya sebagai etalase DIR terbaik di Indonesia karena pemanfaatkan program DAK, yang diukur dari hasil produksi padi.

Bahkan BWS Sumatera III sudah melakukan ekspos dalam forum pertemuan BWS se-Indonesia di Bali baru-baru ini.

"Sebelumnya petani hanya bisa tanam 1 kali setahun. Saat ini sudah 2-3 kali dengan hasil 6-10 ton per hektare," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved