Berita Riau

Lahan Terbakar 978 Hektare, Kemarau Mulai Februari 2020, BPBD Pelalawan Ingatkan Langkah Antisipasi

Pencabutan status siaga karhutla dilakukan melalui apel konsolidasi seluruh stakeholder yang tergabung dalam tim satgas terpadu.

Lahan Terbakar 978 Hektare, Kemarau Mulai Februari 2020, BPBD Pelalawan Ingatkan Langkah Antisipasi
istimewa
Bupati Pelalawan HM Harris melihat alat damkar usai apel konsolidasi pencabutan status siaga karhutla 2019 di halaman kantor bupati, Selasa (29/10/2019) sore. 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Tim Satgas Terpadu Tingkat Kabupaten Pelalawan resmi mencabut status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Pelalawan, Selasa (29/10/2019).

Pencabutan status siaga karhutla dilakukan melalui apel konsolidasi seluruh stakeholder yang tergabung dalam tim satgas terpadu di halaman kantor bupati.

Mulai dari Polri, TNI, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Regdam Disbunak, serta para perusahaan yang berperan aktif dalam penanggulangan karhutla selama tahun 2019 ini.

Sebelum pelaksanan apel, digelar rapat evaluasi terhadap penanganan dan penanggulangan Karhutla di auditorium lantai III yang diikuti seluruh unsur pimpinan instansi dan perusahaan.

Ekspos dan evaluasi pencegahan karhutla serta pemadaman api dari masing-masing institusi disampaikan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio mengatakan, sepanjang tahun 2019 ini sebanyak 978,5 hektare lahan di Pelalawan yang terbakar.

Lokasinya tersebar di beberapa kecamatan mulai dari Kuala Kampar, Teluk Meranti, Kerumutan, Ukui, Pangkalan Kuras, Pelalawan, Pangkalan Kerinci, dan Ukui.

"Sebenarnya bukan kita paling luas (terbakar) di Provinsi Riau. Ada beberapa kabupaten lebih besar lagi," kata Hadi Penandio.

Hadi Penandio menerangkan, karhutla yang terjadi di Pelalawan menjadi sorotan lantaran berdekatan dengan Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau.

Asap yang ditimbulkan oleh karhutla cepat sampai ke Pekanbaru, meski kebakaran yang terjadi dalam porsi kecil dibanding daerah lain.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved