Berita Riau

Bermaksud Bersihkan Lahan, Malah Picu Kebakaran 2,5 Hektare Kebun Sawit di Siak Riau

Kejadian bermula dari kegiatan pelaku membersihkan lahan kelapa sawit dengan menumpuk pelapah sawit kering,kemudian dibakar.

Bermaksud Bersihkan Lahan, Malah Picu Kebakaran 2,5 Hektare Kebun Sawit di Siak Riau
Internet
Ilustrasi kebakaran lahan 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Polres Siak berhasil mengamankan 1 orang diduga pelaku pembakar lahan di Dusun Pematang Sepetai, Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Siak. Pelaku tersebut berinisial RBP (37).

Polres Siak memperkirakan lahan terbakar seluas 2,5 hektare milik Tarzan Purba.

Polres Siak mengamankan barang bukti berupa 2 batang dahan sawit kering, 1 unit mancis merk tokai warna merah dan 1 bilah parang dengan panjang kira-kira 40 cm.

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya melalui Paur Humas Bripka Dedek Prayoga mengatakan, pada Kamis (24/10/2019), tersangka melakukan pengolahan lahan kelapa sawit seluas 2,5 hektare milik pamannya bernama Tarzan Purba.

"Benar pada saat terjadinya kebakaran pelaku berada di lokasi dengan maksud pembersihan lahan," kata Bripka Dedek, Jumat (1/11/2019).

Ia menerangkan, kejadian itu bermula dari kegiatan pelaku membersihkan lahan kelapa sawit dengan menumpuk pelapah sawit kering. Kemudian melakukan pembakaran di beberapa titik.

"Karena angin kencang dahan kelapa sawit yang dibakar pelaku tersebut menjalar ke semak belukar dan terjadilah kebakaran," kata dia.

Adapun alat yang digunakan pelaku untuk melakukan pembakaran hutan dan lahan berupa 1 buah mancis warna merah, 1 bilah pisau dengan panjang kira-kira 40 cm, 2 batang pelepah sawit kering yang dibakar pelaku. Kemudian pelaku berhasil diamankan oleh petugas dan pelaku mengakui perbuatannya.

Setelah mengamankan pelaku, jajaran Reskrim Polres Siak yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Siak AKP Faizal Ramzani melakukan gelar perkara, Minggu (27/10).

Dari hasil gelar perkara didapat kesimpulan, perbuatan pelaku tersebut telah memenuhi unsur dan terpenuhi untuk ditingkatkan ke proses penyidikan.

AKP Faizal Ramzani mengatakan Polres Siak terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan terjadinya karhutla di Kabupaten Siak, diantaranya adalah melakukan penindakan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Kami tidak akan berhenti menindak pelaku pembakaran hutan dan lahan. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak agar jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan apapun alasannya karena akan berhadapan dengan kami," tegas AKP Faizal. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved