Berita Riau

Kementerian PUPR Bantu Penyediaan Air Bersih di Kawasan Industri Tanjung Buton Siak Riau

Program tersebut dalam rangka percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) KITB.

Kementerian PUPR Bantu Penyediaan Air Bersih di Kawasan Industri Tanjung Buton Siak Riau
istimewa
Bupati Siak Alfedri bertemu dengan Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga, dalam penandatanganan hibah Barang Milik Negara (BMN), Jumat (1/11/2019) di kantor Kementrian PUPR Jakarta. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kementerian PUPR RI melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, akan membantu menyediakan fasilitas penyediaan air bersih di Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) Siak, Provinsi Riau.

Program tersebut dalam rangka percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) KITB.

Sebelum proyek itu dibangun, Bupati Siak Alfedri mengecek kondisi terkini KITB, Minggu (3/11/2019). Bupati Alfedri didampingi Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar Arifin.

"Saya jumpa dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Pak Danis Hidayat Sumadilaga, dalam pertemuan penandatanganan hibah Barang Milik Negara (BMN) antara Dirjen Cipta Karya dengan Pemkab Siak di Jakarta, Jumat kemarin, beliau menyatakan membangunkan fasilitas air minum dan air bersih di KITB," kata Alfedri.

Menyambut rencana itu, Alfedri kembali berkunjung untuk memastikan kondisi KITB terkini. Tujuannya untuk melihat gambaran terkait lokasi pembangunan fasilitas air minumnya.

Saat berjumpa dengan Danis di Jakarta, Alfedri juga melaporkan kondisi akses air minum di Kabupaten Siak saat ini, yang sudah mencapai angka 73,16 persen. Angka itu telah melampaui target akses air minum nasional yang berada pada kisaran 72, 04 persen.

"Sesuai target nasional, air minum diharapkan dapat diakses hingga persentase 100 persen pada tahun 2024 mendatang," kata Alfedri.

Untuk itu Pemkab Siak melalui Dinas PU Tarukim akan terus bekerja keras mencapai target 100 persen tersebut. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas bentuk dukungan dari Kementerian PUPR tersebut.

Sementara itu Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, untuk merealisasikan program dukungan dalam bentuk penyediaan air minum dan air bersih di lokasi PSN tersebut, pihaknya akan review kembali hasil kajian Detailed Engineering Design (DED) yang dibuat oleh Satuan Kerja SPAM Strategis pada 2014 lalu. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved