Berita Riau

Petani Mendekam di Bui, Berniat Bakar Sarang Tawon, Malah Menjalar ke Konsesi PT RAPP di Ukui Riau

Setelah menjalani pemeriksaan dan penyelidikan, pria yang berprofesi sebagai petani itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus karhutla.

Petani Mendekam di Bui, Berniat Bakar Sarang Tawon, Malah Menjalar ke Konsesi PT RAPP di Ukui Riau
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan Riau bersama Polsek Ukui mengamankan seorang warga yang diduga melakukan pembakaran lahan pada Rabu (29/10/2019) pekan lalu. 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Nasib naas menimpa HE alias Rizal (50). Warga Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui, Pelalawan, Provinsi Riau ini diringkus Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan bersama Polsek Ukui karena diduga melakukan pembakaran lahan pada Rabu (29/10/2019) pekan lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan dan penyelidikan, pria yang berprofesi sebagai petani itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kebakaran dan hutan (karhutla).

"Kita menyita barang bukti sebilah parang, mancis, dan potongan kayu bekas terbakar," kata Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Teddy Ardian SIK saat konferensi pers di mapolres, Senin (4/11/2019).

Kapolres Hasyim menjelaskan, kejadian berawal dari tim patroli api melihat ada lahan terbakar di areal konsesi PT RAPP Estate Ukui tepatnya di Compartement E 027.

Kemudian dilaporkan ke Askep Forest Protection PT RAPP bernama Didik Purwanti.

Selanjutnya, tim pemadam kebakaran (damkar) diturunkan ke lokasi untuk menjinakkan api.

Petugas damkar perusahaan kehutanan itu menemukan pelaku Rizal sedang berada di lokasi.

Petugas mengamankan petani itu dan langsung berkoordinasi dengan Polsek Ukui serta Polres Pelalawan. Ketika diinterogasi, Rizal mengakui jika dirinya yang membakar lahan tersebut hingga pelaku diamankan ke mapolres berikut barang buktinya.

"Berdasarkan keterangan dari perusahaan, areal yang terbakar merupakan lokasi yang diokupasi masyarakat sekitar. Lahan yang sempat terbakar sekitar satu hektare lebih," tambah Kapolres Hasyim.

Kasat Reskrim Polres Pelalawan, AKP Teddy Ardian SIK menyatakan, saat itu pelaku didapati sedang melakukan pemadaman di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Berdasarkan pengakuannya tersangka Rizal, ia mengambil pelepah sawit dan diikat pada sebuah kayu dan kemudian dibakar.

"Awalnya pelaku mengaku ingin membakar sarang tawon yang ada di TKP. Namun kemudian merembet hingga ke tanaman lain di areal PT RAPP," ucap Kasat Teddy.

Saat ini tersangka Rizal mendekam di sel tahanan Mapolres Pelalawan. Ia dijerat dengan pasal 78 junto pasal 50 Undang-undang nomor 41 tahun 199 tentang Kehutanan. (Tribunpekanbaru.com/johannes wowor tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved