Pekanbaru

Permudah Layanan Investasi di Mal Pelayanan Publik, Menuju Pekanbaru The Capital City of Sumatera

Satu persatu kebutuhan infrastruktur dasar dibenahi. Begitu juga upaya peningkatan pelayanan publik, guna memberi kemudahan dalam investasi.

Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
PERIZINAN - Pusat layanan publik terpadu di Jalan Jenderal Sudirman ini membantu para investor dan pelaku usaha mengurus perizinan. 

Permudah Layanan Investasi di Mal Pelayanan Publik, Menuju Pekanbaru The Capital City of Sumatera

GELIAT pembangunan di Kota Pekanbaru, seiring cita-cita menjadi The Capital City of Sumatera, terus digesa. Perlahan, Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang madani.

Satu persatu kebutuhan infrastruktur dasar dibenahi. Begitu juga upaya peningkatan pelayanan publik, guna memberi kemudahan dalam investasi.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, punya cara dalam mewujudkan gagasan Pekanbaru The Capital City of Sumatera.

Mereka berperan dalam sinergi dengan investor yang hendak menanamkan modal di Pekanbaru.

Baik itu memberi pendampingan kepada para investor, mendatangi daerah lain untuk mengajak pelaku usaha berinvestasi di Pekanbaru ataupun memberi pemaparan seputar potensi investasi di Pekanbaru.

Kepala DPMPTSP Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut perizinan dan investasi sangat erat. Kemudahan untuk mengakses layanan perizinan didukung dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

PELAYANAN - Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, sudah beroperasi sejak akhir 2018.
PELAYANAN - Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, sudah beroperasi sejak akhir 2018. (Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang)

Pusat layanan publik terpadu di Jalan Jenderal Sudirman ini membantu para investor dan pelaku usaha mengurus perizinan.

Beroperasi sejak akhir tahun 2018, Pemerintah Kota Pekanbaru memadukan layanan perizinan dengan layanan non perizinan dari berbagai sektor dalam satu pintu di MPP Pekanbaru.

Apalagi proses perizinan sudah terintegrasi dalam sistem Online Single Submision (OSS). Sistem ini mempermudah pihaknya mengetahui jenis usaha, kedudukan dan aktivitas usaha.

Jamil mengaku banyak investor atau pelaku usaha yang menanamkan modalnya di Pekanbaru pada tahun 2019.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) masih mendominasi investasi di Kota Pekanbaru hingga Triwulan II tahun 2019.

Pada Semester I 2019, capaian PMDN Rp 580 miliar, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Pekanbaru hanya Rp 381 miliar.

Investasi masuk berasal dari berbagai sektor yakni perdagangan, perkebunan, hotel, perumahan dan restoran. Saat ini, ada 29 gerai yang membuka layanan di MPP Pekanbaru.

Ada 185 layanan yang bisa diakses di MPP Pekanbaru. (*)

Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved