Panjat Tebing Riau Loloskan 8 Atlet ke PON Papua Setelah Sumbang 8 Medali di Porwil

Seluruh atlet panjat tebing Riau yang tampil di Porwil berhasil meraih tiket ke PON Papua tahun depan, dan menyumbang medali untuk Riau.

Panjat Tebing Riau Loloskan 8 Atlet ke PON Papua Setelah Sumbang 8 Medali di Porwil
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Atlet Panjat Tebing Riau 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Riau sukses meloloskan seluruh atletnya ke PON Papua tahun depan.

Ini setelah cabor ini berhasil menyumbang 8 medali pada Porwil Sumatra yang sedang berlangsung di Bengkulu. Ke-8 medali tersebut adalah 2 emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

"Pertandingan panjat tebing Porwil sudah selesai Selasa petang lalu," kata Ketua Harian FPTI Riau, Yudhi, Rabu (6/11).

Dijelaskan, perolehan 2 emas, 1 perak, dan 5 perunggu tersebut menempatkan panjat tebing Riau di peringkat 6 klasemen medali cabor panjat tebing. Sedangkan juara umum jadi milik tim panjat tebing Bangka Belitung, yang mengoleksi 5 emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

"Kita meski peringkat 6, namun berhasil mengantarkan atlet panjat tebing Riau lolos tampil full team ke PON Papua," tuturnya.

Di Porwil kali ini ada 8 atlet panjat tebing Riau putra dan putri yang bertanding. Seluruh atlet itu pun berhasil meraih tiket ke PON Papua. Tidak hanya itu, Riau juga berhak ikut ambil bagian pada 16 nomor yang akan ditandingkan di PON Papua nanti.

Yudhi menyebut, hasil di Porwil ini menjadi bahan evaluasi bagi FPTI Riau, untuk mempersiapkan atlet menghadapi PON Papua.

"hasil Porwil masing-masing zona baik zona barat, tengah, maupun timur, menjadi gambaran untuk mematangkan persiapan atlet di masing-masing nomor yang jadi andalan medali," katanya.

Dua medali emas Riau didapat dari nomor boulder tim putra lewat atlet M Syahrul Rozi, Rahmat Iskal Hidayat, Ezi Ramadhan, dan Fery Febrianto, serta dari boulder tim putri lewat atlet Siti Novia Jumidar, Putri Nilam, Ade Andrani, dan Fitri Komala.

Sedangkan satu perak datang dari nomor speed tim putri lewat atlet Siti Novia Jumidar, Putri Nilam, dan Fitri Komala.

Selanjutnya lima perunggu masing-masing diraih Ezi Ramadhan dari boulder perorangan putra, Jufri Naldi Darwansa di speed track perorangan putra, Ade Andriani di combined putri, Siti Novia Jumidar di speed record perorangan putri, serta di nomor lead tim putri yang kembali menurunkan Putri Nilam, Putri Komala, dan Ade Andrani. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved