Berita Riau

Pendapatan Daerah di APBD 2020 Turun Hingga Rp 1,5 T, DPRD Riau Sebut Pemprov Harus Kreatif

Kalangan DPRD Riau menyoroti penurunan target pendapatan yang diusulkan Pemprov Riau dalam nota keuangan Ranperda APBD 2020.

Pendapatan Daerah di APBD 2020 Turun Hingga Rp 1,5 T, DPRD Riau Sebut Pemprov Harus Kreatif
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
APBD 

Pendapatan Daerah di APBD 2020 Turun Hingga Rp 1,5 Triliun, DPRD Riau Sebut Pemprov Harus Kreatif

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kalangan DPRD Riau menyoroti penurunan target pendapatan yang diusulkan Pemprov Riau dalam nota keuangan Ranperda APBD 2020.

Jika dibandingkan dengan tahun 2019 terjadi penurunan hingga mencapai sebesar Rp 1,53 triliun. Dimana pendapatan daerah Provinsi Riau tahun 2019 mencapai Rp 9,4 Triliun. Sedangkan target pendapatan di tahun 2020 sebesar Rp 7,8 triliun.

"Terjadi penurunan sekitar 16,27 persen," kata juru bicara fraksi partai golongan karya DPRD Riau, Amiurnis, Kamis (7/11/2019).

Target ini pun diyakini oleh kalangan legislatif di DPRD Riau tidak akan tercapai. Sehingga realisasi target pendapatan diperkirakan akan berada dibawah angka Rp 7,8 triliun.

"Kami menyakini potensi pendapatan, baik dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun dari dana perimbangan sangat mungkin berkurang. Karena pengalaman selama ini pemerintah daerah itu selalu gagal dalam mencapai target pendapatan hingga 100 persen. Baik dari pad, maupun dari dana perimbangan," ujarnya.

 Pemkab Inhil Riau Buka Pendaftaran Calon Direksi PDAM TI, Ini Syarat dan Tata Caranya

Terlebih untuk pendapatan dari dana perimbangan yang sangat bergantung pada resesi ekonomi global yang tidak menentu juga disinyalir akan menjadi penyebabnya rendahnya pencapaian realisasi target pendapatan.

Belum lagi soal Turunya harga minyak mentah dunia dan menurunnya produksi minyak bumi di Riau.

"Apalagi untuk dana perimbangan kan sangat tergantung dari kondisi ekonomi global, khususnya dana perimbangan yang bersumber dari DBH pajak, bukan pajak dan SDA. Salah satunya adalah fluktuasi harga minyak mentah yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian global serta jumlah produksi minyak bumi atau lifting yang terus menurun," ungkapnya.

 Polda Riau Akan Cek Kepemilikan Pistol Bupati Rokan Hulu

Untuk itu, anggota DPRD Riau menuntut Pemprov Riau agar bisa mengali potensi sumber pendapatan lainya untuk menutupi kelemahan tersebut.

"Pemprov dituntut untuk kreatif dan inovatif, dalam mengelola sumber pendapatan," katanya. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved