Perpres Diteken, Jokowi Hidupkan Lagi Jabatan Wakil Panglima TNI, Akan Diisi Siapa?

Jabatan Wakil Panglima TNI terakhir muncul pada 20 tahun lalu. Wakil panglima terakhir dijabat oleh Fachrul Razi.

Perpres Diteken, Jokowi Hidupkan Lagi Jabatan Wakil Panglima TNI, Akan Diisi Siapa?
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Gladi HUT ke-74 TNI digelar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru (3/10/2019). Puncak peringatan HUT TNI akan digelar di kawasan tersebut pada hari Sabtu 5 Oktober 2019. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jabatan Wakil Panglima TNI kembali dihidupkan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal ini dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Keberadaan Wakil Panglima TNI tertuang dalam Pasal 13 ayat (1).

"Markas Besar TNI meliputi: a. unsur pimpinan terdiri atas: 1. Panglima; dan 2. Wakil Panglima," demikian bunyi perpres yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara, Kamis (7/11/2019).

Berdasarkan perpres ini, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Wakil panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada panglima TNI.

Jokowi Penasaran Terkait Rangkulan Erat Ketum Nasdem Surya Paloh & Ketum PKS: Saya Tak Tau Maknanya

Pertanyakan Pacul Impor, Jokowi: Kamu Buat Pacul Tahun Depan, Saya Beli Ini Puluhan Ribu Cangkul

TERNYATA Ini Alasan Prabowo Mau Jadi Menhan Jokowi, DIBONGKAR Oleh Pendukungnya Sendiri

Tugas wakil panglima adalah: Membantu pelaksanaan tugas harian panglima, memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan Pembinaan Kekuatan TNI serta Penggunaan Kekuatan TNI.

Selain itu, wakil panglima bertugas melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap, dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima.

Jabatan Wakil Panglima TNI terakhir muncul pada 20 tahun lalu. Wakil panglima terakhir dijabat oleh Fachrul Razi.

Setelah Fachrul Razi purna tugas, Presiden saat itu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menghapus jabatan wakil panglima TNI.

Fachrul Razi kini menjabat sebagai menteri agama di Kabinet Indonesia Maju. (*) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Teken Perpres, Jokowi Hidupkan Lagi Jabatan Wakil Panglima TNI", https://nasional.kompas.com/read/2019/11/07/08593821/teken-perpres-jokowi-hidupkan-lagi-jabatan-wakil-panglima-tni.

Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved