Breaking News:

Wagub Sumbar: Tour de Singkarak Bikin Kunjungan Turis Tiap Tahun Meningkat

Pelaksanaan event sport tourism dinilai berhasil meningkatkan kunjungan turis setiap tahunnya ke berbagai obyek wisata di Sumbar.

Penulis: rinaldi | Editor: rinaldi
internet
Tour de Singkarak 2019 

tribunpekanbaru.com - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, menyebut pelaksanaan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) yang tahun ini sudah memasuki edisi ke-11, telah memberikan banyak dampak positif bagi Sumatra Barat.

Hal itu disampaikannya, sekaligus untuk menjawab sejumlah pihak yagn mempertanyakan anggaran dan manfaat TdS bagi masyarakat Sumbar.

"Jangan hanya lihat lomba bersepeda saja, tapi lihat manfaatnya bagi Sumbar. TdS memberi manfaat bagi ekonomi masyarakat, karena masuk kategori olahraga pariwisata sehingga bisa meningkatkan kunjungan turis ke Sumbar," kata Nasrul Abit, Kamis (7/11).

Dijelaskan, sejak 2009 lalu, pelaksanaan TdS memiliki dampak secara tidak langsung bagi perekonomian masyarakat. Berkart Tour de Singkarak (TdS) ini, dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan dari mancanegara selalu meningkat.

Apalagi, dalam setiap pelaksanaan TdS, ada banyak promosi yang dilakukan Pemprov Sumbar dan penyelenggara. Hal itu membuat minat wisatawan berkunjung ke Sumbar semakin tinggi.

Selain itu, pelaksanaan TdS juga mendorong perbaikan infrastruktur terutama jalan, sehingga kondisinya menjadi lebih bagus dibandingkan sebelum kegiatan. "Artinya, kalau jalan bagus juga berdampak bagi ekonomi masyarakat," tutur Nasrul.

Wagub Sumbar berharap pada tahun 2020 nanti TdS akan lebih meriah lagi, dengan mendatangkan banyak pembalap mancanegara. Karena jalur etape tahun depan kemungkinan akan bertambah.

Andai disetujui oleh Union Cycliste Internasional (UCI), kemungkinan Provinsi Bengkulu dan Riau (Pekanbaru) akan ikut bergabung sebagai penyelenggara TdS.

TdS 2019 pada Kamis (7/11) kemarin sudah memasuki etape keenam, start dari Dermaga Singkarak Kabupaten Solok, menuju RTH Padang Aro, dan lanjut ke Kabupaten Solok Selatan.

Etape 6 ini memiliki panjang lintasan 214.1 kilometer. Rute ini merupakan rute terpanjang selama perhelatan TdS 2019. (rin/rol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved