Berita Riau

VIDEO: Komisi IV DPR RI Tinjau Bekas Kebakaran Lahan di Kampar Riau

"Kita ingin dari kunjungan ini mendengar langsung apa langkah yang sudah dan belum diupayakan para stakeholder di daerah dalam penanganan Karhutla,"

KAMPAR, TRIBUN - Komisi IV DPR RI melakukan peninjauan lahan bekas kejadian kebakaran hutan dan lahan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Kamis (7/11).

Kedatangan ini dalam rangka meninjau serta mengawasi penanganan bencana kebakaran lahan melanda Riau, khususnya di Kabupaten Kampar beberapa waktu lalu.

Para rombongan yang didampingi Bupati Kampar tiba di sebuah lahan kosong yang berada tepat ditepi Jalan Lintas Pekanbaru - Bangkinang yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Perbatasan Kabupaten Kampar dengan Kota Pekanbaru.

Lokasi ini merupakan lokus dari kejadian kebakaran lahan yang terakhir terjadi selama Siaga Karhutla di Desa Rimbo Panjang.

Tampak lahan gundul bertanah hitam seluas mata memandang. Tampak pula pohon-pohon yang sudah mati masih berdiri tanpa dedaunan.

Politisi dari Partai Gerindra, yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budisatryo Djiwandono menuturkan apa yang dilakukan hari ini dalam rangka menjalankan fungsi DPR RI untuk melakukan pengawasan.

Datang ke Rumah Orangtua Pacar Bicarakan Pernikahan, Wawan Babak Belur Dikeroyok, Ini Kronologinya

Dapatkan Umrah yang Mabrur, Ikuti Tatacara Ibadah Umrah Selama di Tanah Suci, dan Hal yang Dilarang

"Kita ingin dari kunjungan ini mendengar langsung apa langkah yang sudah dan belum diupayakan para stakeholder di daerah dalam penanganan Karhutla," ungkapnya.

Ia mengatakan Komisi IV DPR RI akan turut memikirkan upaya apa yang baik dilakukan untuk penanganan karhutla ini.

"Dari kunjungan ini nantinya kita di pusat akan bicarakan lagi langkah apa yang baik dilakukan dalam penanganan bencana karhutla yang sebabnya banyak karena ulah manusia," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut Komisi IV memberi masukan kepada pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah untuk melarang lahan bekas Karhutla untuk dikelola dalam jangka waktu yang lama.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved