Bayi Lahir dengan Usus di Luar Dibawa ke Rumah Sakit M Djamil Padang, Petaka Tambang Emas di Madina?

Ambulans yang mengangkut Sartika sampai di RSUP Dr M Djamil sekitar pukul 00.40 setelah menempuh perjalanan darat lebih dari 7,5 jam

Bayi Lahir dengan Usus di Luar Dibawa ke Rumah Sakit M Djamil Padang, Petaka Tambang Emas di Madina?
Tribun Medan
Kolase Foto Bayi Cyclopia yang lahir di Pangkal Pinang dan Mandailing Natal kelainan usus di luar atau gastroschisis 

Sartika Lase, Bayi yang Lahir dengan Kelainan Usus di Luar Dirujuk ke Rumah Sakit M Djamil Padang

Syarifuddin menduga, aktivitas penambangan rakyat yang menggunakan zat kimia dalam memisahkan emas dengan bebatuan telah memengaruhi perkembangan kandungan para ibu dan suaminya yang bekerja di tambang rakyat sehingga si ibu melahirkan bayi tidak sempurna.

---

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sartika Lase, bayi yang lahir dengan kelainan usus di luar atau gastroschisis, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr M Djamil, Padang, Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019) dini hari.

Bayi yang lahir di kawasan tambang emas rakyat di Mandailing Natal, Sumatera Utara, itu dirujuk untuk mendapatkan penanganan lebih intensif dan memadai.

Ambulans yang mengangkut Sartika sampai di RSUP Dr M Djamil sekitar pukul 00.40 setelah menempuh perjalanan darat lebih dari 7,5 jam. 

Sartika sebelumnya dirawat RSUD Panyabungan, Sumatera Utara. Jarak dari Panyabungan ke Padang lebih dekat dibandingkan ke Medan, ibu kota Sumut.

Bayi perempuan yang belum genap berusia sehari itu ditemani oleh ayah dan nenek dari pihak ayahnya. Sartika digendong oleh neneknya menuju Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr M Djamil.

Nenek dari Sartika Lase (kiri), bayi yang lahir dengan kelainan usus di luar atau gastroschisis, menggendong cucunya itu ke ruang Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr M Djamil, Padang Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019) dini hari.
Nenek dari Sartika Lase (kiri), bayi yang lahir dengan kelainan usus di luar atau gastroschisis, menggendong cucunya itu ke ruang Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr M Djamil, Padang Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019) dini hari. (KOMPAS/YOLA SASTRA)

Salah seorang petugas ambulans membantu membawakan tabung infus yang selangnya terpasang di tangan Sartika.

”Tadi (pihak RSUD Panyabungan) menyuruh dirujuk ke (RSUP Dr M Djamil) Padang. Mungkin fasilitas di Padang lebih lengkap,” kata BJ Lase (27), ayah Sartika, Minggu dini hari.

Halaman
123
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved