Renang Sumbang Medali Terbanyak, Riau Berhasil Pertahankan Juara Umum Porwil Sumatra

Riau secara total mengumpulkan 95 medali pada Porwil Sumatra di Bengkulu kali ini. Porwil selanjutnya akan digelar di Aceh pada 2023.

Renang Sumbang Medali Terbanyak, Riau Berhasil Pertahankan Juara Umum Porwil Sumatra
tribun pekanbaru
Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution, menerima tropi juara umum Porwil X Sumatra 2019 di Bengkulu, Sabtu (10/11) malam lalu dari Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. 

tribunpekanbaru.com - Riau berhasil mempertahankan juara umum Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatra 2019, yang digelar di Bengkulu. Riau juga juara umum Porwil pada edisi sebelumnya yang digelar di Bangka Belitung 2015 silam.

Juara umum kali ini diraih setelah kontingen Riau mengumpulkan total 95 medali, terdiri dari 35 emas, 23 perak, dan 37 perunggu.

Posisi kedua diraih Sumatra Utara (Sumut) dengan 25 emas, 16 perak, dan 26 perunggu. Sedangkan tuan rumah Bengkulu finis di posisi tiga dengan 25 emas, 13 perak, dan 18 perunggu.

Medali emas terakhir Riau didapat di hari terakhir Porwil X melalui petinju putra, Topaz, yang mengalahkan petinju Sumut di partai final, Jumat (8/11) malam lalu.

Tropi juara umum untuk Riau diserahkan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, kepada Gubernur Riau yang diwakili Wakil Gubernur Edi Natar Nasution. Penyerahan dilakukan saat penutupan Porwil X Sumatra di Balai Raya Semarak, Bengkulu, Sabtu (9/11) malam lalu.

"Kami mewakili Pemprov Riau mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Bengkulu selaku tuan rumah, yang sukses menyelenggarakan pesta olahraga multievent se-Sumatra ini, dari pembukaan sampai penutupan," kata Edi Natar di sela acara.

Dia juga menyampaikan rasa bangga kepada seluruh atlet, pelatih, ofisial, dan pendamping kontingen yang sudah berjuang untuk Riau. Yang juga membanggakan adalah, 10 cabor Riau berhasil jadi juara umum pada Porwil kali ini.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, juga tak henti-henti mengucap syukur atas prestasi para atlet dan pelatih. Hal ini bisa dicapai berkat pendekatan teknis, dan pihaknya berusaha secara berkesinambungan melakukan pembinaan. Para atlet Riau secara sistematis dibina di Dispora Riau melalui PPLP, PPLM, dan pengprov cabor.

Aceh 2023
Selain mengumumkan juara umum, juga dilakukan penyerahan bendera Porwil Sumatra dari Gubernur Bengkulu kepada tuan rumah Porwil Sumatra XI tahun 2023 yaitu Nangroe Aceh Darussalam. Pada penyerahan itu, Provinsi Aceh diwakili Sekda dr Taqwallah mewakili Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Pada Porwil kali ini, Riau juara umum setelah 10 cabor menyumbangkan medali, san satu cabor gagal yaitu sepakbola.

Renang jadi penyumbang medali terbanyak dengan 14 emas, 7 perak, 7 perunggu, disusul atletik 6 emas, 5 perak, 5 perunggu, dan kempo 4 emas, 2 perak, 4 perunggu.

Kemudian tinju menyumbang 3 emas, 3 perak, 3 perunggu, biliar 3 emas, 1 perak, 1 perunggu, panjat tebing 2 emas, 1 perak, 5 perunggu, disusul muaythai menyumbang 1 emas, 2 perak, dan 7 perunggu.

Bulutangkis turut menyumbangkan 1 emas, 1 perak, 4 perunggu, catur 1 emas, dan voli ikut menyumbang 1 perak, 1 perunggu. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved