Upaya Cegah Karhutla, Pemprov Minta Bantuan Ekskavator dari Kementerian

Setelah memetakan daerah rawan Karhutla, Pemprov juga sudah mengusulkan bantuan peralatan pertanian ke pemerintah pusat.

Upaya Cegah Karhutla, Pemprov Minta Bantuan Ekskavator dari Kementerian
TribunPekanbaru/Melvinas Priananda
Sita Alat Berat dari Hutan Negara - Sebanyak tiga dari empat unit alat berat jenis ekskavator yang berhasil diamankan oleh petugas Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum (BPPH) Direktorat Jenderal Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah II Sumatera diperlihatkan saat ekspos di Pekanbaru, Rabu (12/4/2017). Alat berat tersebut ditemukan dalam operasi pengamanan kawasan hutan kawasan Tesso Nilo yang dilakukan tim gabungan KLHK. Tribun Pekanbaru/Melvinas Priananda 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) agar tidak terulang lagi tahun depan.

Setelah memetakan daerah rawan, Pemprov juga sudah mengusulkan bantuan peralatan pertanian ke pemerintah pusat.

Usulan itu ditujukan agar ke depan masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

"Kemarin kita sudah menyurati KLHK untuk membantu alat berat. Yang sangat kita butuhkan yaitu jenis ekskavator yang bisa diperbantukan kepada desa atau kecamatan rawan bencana Karhutla," kata Pj Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Minggu (10/11/2019).

Tidak muluk-muluk, Pemprov Riau mengusulkan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) itu dipenuhi dari sejumlah alat berat hasil sitaannya yang ada di Riau.

Pihaknya pun berharap alat berat tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Kita mendapat informasi ada beberapa ekskavator yang kabarnya hasil sitaan dari KLHK tapi mungkin belum inkrah. Nah kalau sudah inkrah kami berharap bisa diperbantukan di Provinsi Riau," ujarnya.

Tim Damkar PT CPI Siap dan Tanggap Saat Darurat

Selain ke KLHK, Pemprov Riau juga menyampaikan permohonan bantuan ke Kementrian Pertanian.

Di instansi itu Pemprov meminta bantuan berupa alat-alat pertanian.

Baik berupa alat berat jenis ekskavator maupun peralatan pertanian lainnya.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved