Misterius, Puluhan Makam di Tasikmalaya Dibongkar pada Bagian Kepala, atau Nisan

Aksi penjarahan unik sekaligus misteri terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan ditemukannya puluhan makam yang terbongkar.

TribunSumsel
Ilustrasi makam 

Misterius, Puluhan Makam di Tasikmalaya Dibongkar pada Bagian Kepala, atau Nisan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Aksi penjarahan unik sekaligus misteri terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan ditemukannya puluhan makam yang terbongkar.

Sebanyak 25 makam di Tempat Pemakaman Umum Kampung Pakemitan II, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dibongkar orang tidak dikenal.  

Seorang warga juga penggali makam setempat, Anda Juanda (54) mengatakan, makam yang rusak pertama kali diketahui oleh warga yang akan berziarah pada Jumat (8/11/2019) pagi.

Jasad Manusia Ditemukan Dalam Koper, Tubuhnya Dibungkus Kain Hitam, Sudah Mengeluarkan Bau

VIDEO Inggris vs Montenegro live streaming dan Live Score Penyisihan di Grup A Piala Eropa 2020

"Saat dicek ada 25 makam yang terbuka," ujar Anda, mengutip Antaranews, Senin (11/11/2019).

Anda mengatakan, makam yang rusak itu seperti sengaja digali dengan menggunakan tangan dengan kedalaman tanah bekas galian sekitar 50 sentimeter.

Makam yang dibongkar itu hanya terbuka pada bagian bawah batu nisan masing-masing makam.

Sementara jenazah atau tengkoraknya tidak hilang.

"Jenazah dan kerangkanya tidak ada yang hilang, hanya rusak bagian bawah nisan saja," kata dia Ia mengungkapkan, temuan makam rusak bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelum pemilihan kepala desa (pilkades) ada dua makam yang ditemukan rusak.

Hingga kini belum diketahui siapa yang melakukan pembongkaran makam itu.  Saat ini masyarakat dan keluarga ahli waris secara gotong royong memperbaiki makam yang rusak.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Misterius, 25 Makam di Tasikmalaya Dibongkar di Bagian Kepala", https://regional.kompas.com/read/2019/11/11/10095241/misterius-25-makam-di-tasikmalaya-dibongkar-di-bagian-kepala.

Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved