Sertifikasi NKV Bersifat Wajib Untuk Menjamin Keamanan Produk Asal Hewan

Untuk menjamin keamanan produk asal hewan yang beredar di masyarakat, pemerintah telah mewajibkan setiap pelaku usaha memiliki sertifikasi NKV

Sertifikasi NKV Bersifat Wajib Untuk Menjamin Keamanan Produk Asal Hewan
FOTO/ISTIMEWA
Logo NKV pada salah satu unit usaha produk asal hewan. 

Sertifikasi NKV Bersifat Wajib Untuk Menjamin Keamanan Produk Asal Hewan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Untuk menjamin keamanan produk asal hewan yang beredar di masyarakat, pemerintah telah mewajibkan setiap pelaku usaha yang menjualbelikan produk hasil ternak untuk memiliki sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Regulasi tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian No 381 tahun 2005 tentang Pedoman Sertifikasi Kontrol
Veteriner Unit Usaha Pangan Asal Hewan.

Pada prinsipnya, sertifikasi NKV merupakan kegiatan penilaian pemenuhan persyaratan kelayakan dasar sistem jaminan keamanan pangan dalam aspek higiene-sanitasi pada unit usaha pangan asal hewan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang di bidan
kesmavet.

Aspek penilaian NKV dalam hal praktek/cara higiene dan sanitasi yang baik.

Amanat Peraturan Pemerintah No 95 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa sertifikasi NKV dilakukan pada unit usaha yang sudah memiliki izin dari pemerintah kabupaten/kota.

Pembinaan dilakukan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun oleh pemerintah kabupaten/kota untuk memenuhi standar praktek/cara hygiene yang baik.

Dalam hal jangka waktu sebagaimana dimaksud, unit usaha blm memenuhi ketentuan, pemerintah kabupaten/kota wajib mencabut izin usaha unit bersangkutan.

Pemberian sertifikasi NKV ini memiliki beberapa tujuan, bagi masyarakat, mewujudkan jaminan produk ternak yang memenuhi persyaratan aman, sehat, utuh, dan halal bagi yang diperyaratkan.

Tujuan berikutnya yakni memberikan perlindungan kesehatan dan ketenteraman batin bagi konsumen produk ternak.

Halaman
1234
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved