Berita Riau

Disdikbud Siak Riau Kembangkan Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Kelapa Sawit

Muatan lokal (mulok) Pendidikan Lingkungan Kelapa Sawit (PLKS)sesuai dengan pengembangan program Siak Hijau, yang kini booming menjadi ciri khas Siak.

Disdikbud Siak Riau Kembangkan Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Kelapa Sawit
foto/istimewa
Kepala Balai Bahasa Riau Drs Songgo A Siruah MPd (kanan) memberikan pelakat penghargaan kepada Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Siak, H Lukman SSos MPd di Siak, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Muatan lokal (mulok) Pendidikan Lingkungan Kelapa Sawit (PLKS) bakal dikembangkan di di sekolah-sekolah se Kabupaten Siak.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diadikbud) Siak, Lukman, Rabu (13/11/2019).

Lukman tertarik dengan kurikulum Mulok PLKS yang telah dikembangkan Astra Agro Lestari itu.

"Kami telah mempelajari PLKS ini, sehingga kami tertarik dan merasa perlu untuk kita kembangkan," kata Lukman

Menurut dia, PLKS sesuai dengan pengembangan program Siak Hijau, yang kini booming menjadi ciri khas Siak di bidang lingkungan.

Apalagi Lukman sudah melihat praktik PLKS yang dilakukan di SMP binaan PT Kimia Tirta Utama (KTU) serta sekolah-sekolah binaan Astra Agro Lestari.

Menurutnya PLKS ini sangat penting diterapkan di sekolah untuk generasi milenial. Sebab, peserta didik diberikan pemahaman tentang kepedulian mengelola gambut serta menjaga lingkungan agar lestari.

"Kami sudah tandatangani MoU tentang pendidikan Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Kelapa Sawit dan Edukasi Sosialisasi Pengelolaan Lahan Gambut dengan PT Kimia Tirta Utama," kata Lukman.

Lukman mengakui selama ini belum ada program Mulok terkait kelapa sawit serta pengelolaan gambut di sekolah-sekolah negeri di Siak.

Sejauh ini PT KTU mengembangkan konsep PLKS yang di dalamnya juga terdapat informasi tentang gambut dan cara pengelolaannya.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved