Berita Riau

Siak Riau Dipilih Puslitbang Polri untuk Penelitian Dampak Pilkada Langsung Gandeng LIPI

Puslitbang Polri lakukan penelitian tentang dampak positif dan negatif terkait Pilkada Langsung di Siak

Siak Riau Dipilih Puslitbang Polri untuk Penelitian Dampak Pilkada Langsung Gandeng LIPI
istimewa
Anggota Bawaslu Siak ikut menjadi peserta pada penelitian dampak pilkada langsung yang dilakukan Puslitbang Polri, Rabu (13/11) di Mapolres Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri lakukan penelitian tentang dampak positif dan negatif terkait Pilkada Langsung di Siak, Rabu (13/11/2019).

Tim peneliti itu dipimpin Kombes Pol Dadang Suwondo selaku didampingi Wawan Ichwanuddin, dari LIPI, Pembina Dwi Irawati, Penda Tegawati sebagai pembina serta Penata Ratna Wahyuningrati selaku pelaksana supervisi. Penelitian itu dalam rangka kesiapan pengamananan Pemilukada 2020 mendatang.

"Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan menganalisa pelaksanaan Pilkada langsung tahun 2018 lalu, dalam rangka kesiapan Polri dalam pengamanan pemilukada tahun 2020 mendatang," kata Dadang Suwondo.

Untuk responden dalam penelitian ini terdiri dari beberapa Kabag dan Kasatfung beserta perwakilan personel, Perwakilan KPU dan Bawaslu Kabupaten Siak, Perwakilan PPK, KPPS, Parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Wanita dengan jumlah peserta secara keseluruhan sekitar 44 orang.

Menurut Dadang, penelitian ini dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020 untuk mencari masukan-masukan baik dari pihak pelaksana, petugas Kepolisian serta seluruh lapisan masyarakat. Agar pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan lebih baik.

Pihaknya akan melakukan proses pengumpulan data yang dipandu Konsultan Peneliti dari LIPI. Metodenya dengan pengisian kuesioner oleh seluruh responden yang hadir.

Setelah pengisian kuesioner dilanjutkan dengan diskusi dan tanyajawab tentang pembahasan Pilkada Langsung dan Tidak Langsung.

Diharapkan penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada Pimpinan Polri. Sebab penelitian ini sekaligus evaluasi pelaksanaan Pilkada langsung 2018 serta dampak yang ditimbulkan atas penyelenggaraan Pilkada secara langsung baik positif maupun negatif.

"Selain itu juga dapat dilakukan pemetaan berbagai persoalan yang muncul dalam penyelenggaraan Pilkada langsung, sehingga dapat menjadi masukan bagi Polri sebagai langkah antisipasi dalam pengamanan Pemilukada 2020," kata dia.

Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri ymenyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri dan seluruh responden yang hadir. Ia berharap kegiatan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khususnya tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

"Kita dukung sepenuhnya kegiatan penelitian ini, supaya hasilnya dapat menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan bagi Kapolri," kata dia. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved