Sudah 203 Atlet Riau yang Meraih Tiket Lolos ke PON Papua Tahun Depan

KONI Riau mencatat, sudah ada 203 atlet Riau yang lolos ke PON Papua tahun depan. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah.

Sudah 203 Atlet Riau yang Meraih Tiket Lolos ke PON Papua Tahun Depan
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Hingga pekan kedua November 2019, Riau sudah meloloskan 203 atlet ke PON Papua tahun 2020. Para atlet ini lolos ke PON Papua setelah mendapatkan tiket yang ditetapkan oleh PB masing-masing cabor.

"Ini baru data sementara, hasil pertandingan Porwil dan Kejurnas Pra PON. Jumlah ini diyakini bertambah, karena masih ada cabor yang bertanding hingga Desember nanti," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Rabu (13/11) kepada Tribun.

Dijelaskan Emrizal, jumlah 203 atlet yang dinyatakan lolos tersebut berasal dari pertandingan Kejurnas Pra PON dan Porwil Sumatra di Bengkulu. Jumlah yang lolos dari Pra PON 145 atlet (peraih emas, perak, dan perunggu). Sedangkan dari hasil Porwil, peraih medali emas dan perak berjumlah 58 atlet (35 emas dan 23 perak).

Emrizal tidak menyebutkan peraih medali perunggu di Porwil (27 perunggu) termasuk yang akan diberangkatkan ke PON Papua. "Untuk Porwil, yang sudah jelas peraih medali emas termasuk medali perak, yang ditetapkan dalam kuota masing-masing PB cabor," terang Emrizal lagi.

Yang pasti, lanjut Emrizal, KONI Riau sudah memaparkan kepada semua cabor di bawah binaannya, terutama yang ikut PON Papua, ada klasifikasi untuk atlet yang akan dikirim ke Papua. Sehingga belum bisa dipastikan peraih perunggu Porwil akan diberangkatkan ke Papua, meski PB cabor menyatakan lolos PON. Apalagi bagi atlet peringkat 4, 5, dan 6 di Porwil, bisa dipastikan tidak akan dibawa.

Beda dengan atlet yang ikut Pra PON. Peraih medali perunggu bisa jadi diberangkatkan, karena pertandingan Pra PON diikuti seluruh daerah Indonesia. Sedangkan Porwil hanya diikuti zona Sumatra.

"Dari awal sudah kita sampaikan. Lagi pula melihat kekuatan anggaran kita nanti tahun 2020. Apalagi di APBD Riau 2020, KONI Riau mengusulkan anggaran ke Pemprov Riau Rp20 miliar. Apakah dikabulkan semua, kita belum tahu," katanya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved