Beria Riau

BIKIN BANGGA, Tiga Siswa MAN Insan Cendikia Siak Riau Raih Medali di Olimpiade Bahasa Arab 2019

Miftah Fadila meraih medali emas, Fatma Chairani Farhana, mendapat medali perak dan Zuhri Aqil Husein Lubis menyabet medali perunggu.

BIKIN BANGGA, Tiga Siswa MAN Insan Cendikia Siak Riau Raih Medali di Olimpiade Bahasa Arab 2019
istimewa
Tiga siswa MAN IC Siak, Miftah Fadila, Fatma Chairani Farhana dan Zuhri Aqil Husein Lubis berfoto bersama rekan dan guru pembina bahasa Arab berhasil meraih medali pada OBA 2019, Selasa (12/11/2019) di Jakarta. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Tiga siswa MAN Insan Cendekia (IC) Siak kembali mencetak prestasi di lvel nasional pada Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-3 antar pelajar se-Indonesia.

Ketiga siswa MAN IC Siak tersebut adalah Miftah Fadila meraih medali emas, Fatma Chairani Farhana, mendapat medali perak dan Zuhri Aqil Husein Lubis menyabet medali perunggu.

Pembina Bahasa Arab MAN IC Soak Cholid mengatakan, OBA dilaksanakan bersempena Muktamar Nasional II Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab.

Kegiatan itu ditutup secara resmi Selasa (12/11) oleh Kepala P4TK Bahasa Kemendikbud RI.

"Kegiatan besar yang turut ditaja dalam muktamar nasional itu adalah grand final Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke 3 antar pelajar se-Indonesia. Alhamdulillah MAN Insan Cendekia Siak, berhasil meraih medali," kata Cholid, Kamis (14/11/2019).

Cholid sangat bersyukur atas capaian prestasi itu. Sebab, ini kali pertama MAN IC Siak ikut serta dan langsung bisa meloloskan 3 peserta sampai babak grand final.

"Miftah Fadila bahkan berhasil menembus 15 besar nasional Olimpiade Bahasa Arab," tambah Cholid.

Kompetisi ini iikuti oleh perwakilan 3-5 siswa terbaik dari 27 provinsi di Indonesia. Untuk kategori 3 kelompok MAN dan swasta diikuti oleh 70 peserta. Mereka berasal dari berbagai tipologi MA, dari madrasah reguler, madrasah berbasis pesantren, MAPK dan MA IC.

"Persaingan mereka menjadi yang terbaik sangat ketat. Tidak hanya akurasi (ketepatan jawaban) yang didasarkan baiknya penguasaan materi Bahasa Arab yang dituntut, namun juga kecepatan dalam penyelesaian soal-soal olimpiade (berbasis HOTs) yang disediakan," kata dia.

Cholid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala MAN IC Siak, wakil kepala madrasah, guru dan pegawai serta seluruh civitas akademika MAN IC Siak, yang langsung maupun tidak langsung telah mendukung dan mendoakan timnya. Ia berharap agar ke depan prestasi ini bisa ditingkatkan. (Tribunpekanbaru.con/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved