Berita Riau

Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam

Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka diperkirakan akan beroperasi 2020, SOP dan sarana digesa penyelesaiannya oleh dua negara yakni Indonesia dan Malaysia

Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam
tribun pekanbaru
Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam. Kapal roro Dumai saat sandar beberapa waktu lalu. Dumai akan mengoperasikan kapal roro Dumai-Malaka, dan uji coba sandar akan dilaksanakan November mendatang. 

Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka diperkirakan akan beroperasi 2020, SOP dan sarana digesa penyelesaiannya oleh dua negara yakni Indonesia dan Malaysia, jarak tempuh Dumai-Malaka menggunakan kapal Ro-Ro ini cuma 3 jam.

Kerjasama dua negara antara Indonesia dengan Malaysia di bidang transportasi kapal yakni Jalur Ro-Ro Dumai Melaka, ditargetkan sudah beroperasi di akhir tahun 2019.

Untuk mempersiapkan operasional pelayaran Kapal Ro-Ro Dumai-Melaka, kedua belah pihak menggelar rapat koordinasi perdana operasional Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka "The 1ST sub-committee of Ro-Ro Melaka -Dumai task force Meeting" yang diselenggarakan pada Kamis (14/11/201) di The Zuri Hotel kota Dumai.

Pada rapat Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka tersebut, hadir dari Kementerian perhubungan Republik Indonesia yang diwakili oleh Ditjen perhubungan Laut, Wisnu Handoko, serta dari Walikota Dumai, H. Zulkifli As‎, Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, dan tamu undangan lainya.

Hadir juga Delegasi Malaysia yang diketuai oleh Siva Sangar Krishnan, serta tamu rombongan dari Delegasi Ma‎laysia.

Pada kesempatan tersebut, Ditjen perhubungan Laut, Wisnu Handoko mengungkapkan, Rapat koordinasi perdana operasional Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka, yang juga dihadiri oleh pihak Malaysia, untuk kesiapan beroperasinya kapal Ro-Ro dengan rute Dumai-Melaka dan Melaka Dumai.

Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam. Kendaraan keluar dari kapal di Pelabuhan Roro Dumai beberapa waktu lalu. Pelabuhan ini akan segera melayani rute internasional Dumai-Malaka dalam waktu dekat.
Jalur Ro-Ro Dumai-Melaka Beroperasi 2020, SOP dan Sarana Digesa Dua Negara, Dumai-Malaka Cuma 3 Jam. Kendaraan keluar dari kapal di Pelabuhan Roro Dumai beberapa waktu lalu. Pelabuhan ini akan segera melayani rute internasional Dumai-Malaka dalam waktu dekat. (internet)

‎"Rapat ini juga untuk mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) antar kedua negara yang kita harapkan di akhir tahun sudah ada MoU dengan Malaysia, sehingga awal tahun 2020 Ro-Ro Dumai-Melaka sudah bisa beroprasi," katanya.

Ia menambahkan, ‎untuk beroprasinya Ro-Ro Dumai Melaka ini, pihaknya harus bergerak dari dua sisi, yakni infrastruktur dan dari sisi prosedur, seperti prosedur imigrasi, karantina dan keamanannya dari dua negara.

Diakuinya, saat ini Pemko Dumai yang disupport oleh pemerintah pusat dan perhubungan tengah mempersiapkan infrastruktur.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved