Berita Riau

Tunggakan BPJS ke RSUD Selasih Pelalawan Riau Rp 4,8 Miliar, Rumah Sakit Terpaksa Utang Obat

Tagihan yang belum dilunasi BPJS Kesehatan ke RSUD Selasih Pangkalan Kerinci adalah Bulan Juni, Juli, dan Agustus,jumlahnya mencapai Rp 4,8 miliar.

Tunggakan BPJS ke RSUD Selasih Pelalawan Riau Rp 4,8 Miliar, Rumah Sakit Terpaksa Utang Obat
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci dr Zul Anwar 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Tunggakan klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pelalawan ke RSUD Selasih Pangkalan Kerinci belum dibayar selama tiga bulan.

Tagihan yang belum dilunasi untuk Juni, Juli, dan Agustus jumlahnya mencapai Rp 4,8 miliar.

Jumlah itu merupakan akumulasi pembayaran untuk pasien peserta BPJS Kesehatan yang berobat ke rumah sakit selama tiga bulan.

"Semua invoice atau berkas kwitansinya sudah kita kirimkan ke BPJS. Memang dari mereka yang belum membayar," kata Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dr Zul Anwar, Jumat (15/11/2019).

Berdasarkan konfirmasi manajemen RSUD ke BPJS, tunggakan terjadi lantaran dana dari pusat belum ditransfer ke daerah untuk pembayaran klaim.

Pihaknya tetap menunggu pembayaran Rp 4,8 miliar dari BPJS pusat agar bisa digunakan untuk keperluan rumah sakit.

Dengan tunggakan yang belum dilunasi, akibatnya rumah sakit plat merah itu berhutang untuk kebutuhan operasionalnya.

Seperti pembelian obat-obatan sebagai kebutuhan utama dalam melayani pasien. Termasuk beberapa alat kesehatan seperti jarum suntik dan peralatan lainnya.

"Distributor memberikan kita untuk berhutang. Apalagi obat yang paling utama. Nanti kalau sudah dibayar dari BPJS baru dilunasi," ucapnya.

RSUD Selasih berharap pembayaran dilakukan secepatnya mengingat rumah sakit sudah menggunakan manajemen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang mengelola keuangan sendiri. (Tribunpekanbaru.com/johannes wowor tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved