Berita Riau

25 Desa di Riau Terancam Tidak Dapat Bankeu Rp 200 Juta, Ini Penyebabnya

Sebanyak 25 desa di Riau terancam tidak akan mendapatkan jatah Bantuan Keuangan (Bankeu) dana desa untuk membantu perekonomian di desa.

25 Desa di Riau Terancam Tidak Dapat Bankeu Rp 200 Juta, Ini Penyebabnya
Shutterstock
Ilustrasi 

25 Desa di Riau Terancam Tidak Dapat Bankeu Rp 200 Juta, Ini Penyebabnya

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 25 desa di Riau terancam tidak akan mendapatkan jatah Bantuan Keuangan (Bankeu) dana desa untuk membantu perekonomian di desa.

Sebab 25 desa tersebut hingga saat ini belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Ada 25 lagi yang belum, masih dalam proses pembentukan. Kemarin pak gubernur sudah menghimbau kepada semua desa agar membentuk BUMDes. Karena prioritas Bankeu inikan memang untuk BUMDes," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Riau, Syarifuddin, Minggu (17/11/2019).

Meski demikian, pihak Pemprov Riau masih memberikan waktu kepada masing-masing desa yang belum memiliki BUMDes agar segera membentuk BUMDes.

Pihaknya memberikan waktu hingga akhir bulan ini untuk segera membentuk BUMDesnya. Jika tidak, maka desa tersebut tidak akan mendapatkan Bankeu dari Pemprov Riau.

"Kita tunggu sampai akhir bulan ini, kalau tidak juga dibentuk BUMDesnya, maka bantuan keuangannya tidak bisa disalurkan, itu komitmen kita kemarin," ujarnya.

Syaripuddin mengatakan, bankeu ini diberikan kepada desa untuk kemajuan perekonomian di desa. Itulah sebabnya kepada Bankeu ini lebih banyak peruntukanya sebagai tambahan modal di BUMDes.

"Ada empat poin peruntukanya, penyelengaranan pemerintahan, pembinaan kelembagaan masyarakat, pemberdayaan ekomino dan sarana pra sarapan," katanya.

Untuk pemberdayaan ekonomi Bankeu ini diarahkan untuk penambahan modal BUMDes. Meski ada empat peruntukanya, namun ada sejumlah desa yang hampir 100 persen menyalurkan Bankeu nya untuk BUMdes.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved