Drainase di Dumai Dipenuhi Sampah Plastik, PUPR Kerahkan Alat Berat untuk Membersihkan

Drainase di tengah Kota Dumai nyaris tertutup timbunan sampah yang membuat air tak bisa mengalir. Mayoritas sampah itu adalah botol plastik.

Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Sampah yang didominasi botol plastik memenuhi aliran drainase di Kota Dumai. 

tribunpekanbaru.com - Aliran drainase pusat Kota Dumai yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, tertutup oleh tumpukan sampah plastik. Hal itu terlihat saat Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (PUPR) Dumai, melakukan normalisasi drainase tersebut.

Berdasarkan pantauan Tribun pada Jumat (15/11) lalu, tampak alat berat Dinas PUPR bekerja membersihkan tumpukan sampah di aliran Jalan Sultan Syarif Kasim sejak beberapa pekan terakhir, dan hingga kini masih berlangsung.

Selama pelaksanaan pembersihan yang dilakukan Pemko Dumai di sepanjang drainase itu, banyak ditemukan di antaranya botol plastik, kaleng minuman, dan sampah-sampah rumah tangga. Namun botol plastik mendominasi hamparan sampah di drainase tersebut.

Aliran sampah itu juga terbawa arus dari saluran drainase terbuka, sehingga mengalir ke arah saluran drainase tertutup.

Akibatnya, selain mengganggu aliran air, juga menyebabkan terjadi penyumbatan sehingga menyebabkan air keluar ke badan jalan dan sampah menumpuk. Genangan air pun terjadi di saat turun hujan.

Volume sampah ini diperkirakan semakin banyak, seiring semakin banyaknya oknum warga yang membuang sampah di saluran air di pusat kota tersebut.

Kadis PUPR Kota Dumai, Zulkarnain mengungkapkan, pembersihan dilakukan oleh pihaknya pada drainase yang tersumbat akibat sampah plastik. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan.

Menurutnya, beberapa drainase yang dibersihkan adalah yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, drainase di Jalan Sudirman, dan beberapa drainase lainnya.

Tidak hanya menerjunkan puluhan personel, pihaknya juga menurunkan alat berat, karena drainase di penuhi sampah plastik.

"Saat ini sudah masuk musim penghujan, agar aliran air di drainase bisa lancar kami lakukan pembersihan. Memang di sejumlah drainase sangat banyak sekali sampahnya," katanya Minggu (17/11).

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved