Berita Riau

STORY - Festival Menongkah Desa Tanjung Pasir Riau akan Dijadikan Destinasi Wisata Budaya Inhil

Festival Menongkah di Desa Tanjung Pasir Riau telah menjadi daya tarik bagi Kabupaten Indragiri Hilir.

STORY - Festival Menongkah Desa Tanjung Pasir Riau akan Dijadikan Destinasi Wisata Budaya Inhil
Istimewa
Bupati Inhil HM Wardan saat menghadiri Festival Menongkah di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil. 

STORY - Festival Menongkah Desa Tanjung Pasir Riau akan Dijadikan Destinasi Wisata Budaya Inhil

TRIBUNPEKANBARU.COM, TANAH MERAHFestival Menongkah di Desa Tanjung Pasir Riau telah menjadi daya tarik bagi Kabupaten Indragiri Hilir.

Oleh karena itu, Bupati Inhil HM Wardan berkomitmen untuk memberikan perhatian pada kebudayaan Menongkah yang merupakan kebudayaan masyarakat suku laut (Duanu) di Kabupaten Inhil.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) akan menjadikan Festival Menongkah sebagai destinasi wisata budaya Inhil yang menarik.

“Kita terus berupaya menjadikannya sebagai salah satu wisata budaya yang menarik, sehingga nantinya mampu mengangkat sektor pariwisata di Inhil. Menongkah adalah suatu teknik masyarakat Suku Duanu di Desa Tanjung Pasir dalam mencari kerang di padang lumpur dengan menggunakan papan selancar,” ujar Bupati Inhil HM Wardan membuka secara resmi Festival Menongkah Tahun 2019 di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (16/11/2019).

 Bupati Alfedri Duet Bareng Ipank di Acara Pelantikan IKMR Kabupaten Siak 2019-2024 Riau

Lebih lanjut, HM Wardan, mengatakan, hal tersebut bertujuan agar festival Menongkah tetap eksis sehingga budaya tradisional masyarakat Suku Duanu tidak punah.

“Tradisi Menongkah ini merupakan tradisi leluhur masyarakat Suku Duanu, dan ini merupakan even wisata Kabupaten Inhil dan telah menjadi kalender wisata Provinsi Riau,” imbuh Bupati.

Selain sebagai warisan budaya, Prestasi rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yang pernah diraih festival ini.

Menurut Bupati Wardan, hendaknya terus di pertahankan dan di tingkatkan.

Sebab, festival ini merupakan sebuah kegiatan budaya tradisional daerah untuk mendukung khazanah budaya bangsa sebagai ikon budaya Kabupaten Inhil, Provinsi Riau.

“Festival Menongkah pernah mendapat penghargaan dari MURI kategori Menongkah massal yang melibatkan lebih dari 500 peserta, dan mandi lumpur dengan peserta terbanyak pada Agustus 2016 lalu. Itu hendaknya terus kita pertahankan dan ditingkatkan,” pungkas Bupati.

 Penampakan Mengerikan Sampah Plastik dalam Drainase di Dumai, Aktivis: Semoga Masyarakat Sadar

Tampak hadir dalam festival tahunan ini antara lain, yaitu, Disporabudpar Inhil, H Junaidi, Anggota DPRD Inhil, Hasanuddin, Fokopimda Inhil, Fokopimcam, Kepala desa dan jajaran Pemerintah Desa serta tamu undangan.

Untuk kategori perlombaan yang dilombakan antara lain, perlombaan Menongkah, Merampah dan Lompat Lumpur. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved