Karhutla Terjadi di Tanah Merah, Kabupaten Inhil, 10 Hektare Lahan Hangus

Kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Tanah Merah, Inhil, di lahan gambut milik perusahaan. Beruntung api bisa cepat dipadamkan.

Karhutla Terjadi di Tanah Merah, Kabupaten Inhil, 10 Hektare Lahan Hangus
tribun pekanbaru
Tim gabungan memadamkan karhutla di kawasan PT Sambu NTS Sungai Pinang, Parit 6A dan Parit 6B, Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Inhil, Minggu (17/11) petang lalu. 

tribunpekanbaru.com - Tim pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berjibaku memadamkan karhutla di daerah PT Sambu NTS di Sungai Pinang, Parit 6A dan Parit 6B, Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Inhil, Minggu (17/11) petang lalu.

Tim yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemadam Kebakaran (Damkar), serta Masyarakat Peduli Api (MPA) tersebut, bersama-sama melakukan pemadaman dan pendinginan serta membuat pembatas lahan.

Danramil 02/Tanah Merah, Kapten (Inf) Rohadi Handoko menjelaskan, kebakaran lahan di kawasan PT Sambu Kuala Enok NTS Sungai Pinang, Parit 6A dan Parit 6B tersebut, berada lebih kurang 5 km dari wilayah Koramil 02/Tanah Merah.

“Kami bersama-sama berjibaku untuk melakukan pemadaman serta pendinginan. Api membakar sebagian besar lahan kosong di wilayah Koramil 02/Tanah Merah ini. Kami juga membuat pembatas agar tidak api tidak melebar dan meluas,” paparnya Senin (18/11).

Dalam upaya pemadaman dan pendinginan tersebut, peralatan yang dikerahkan antara lain tiga unit mesin milik perusahaan, 40 buah selang isap, dan 6 gulung selang besar. Semua unit dikerahkan guna mempercepat pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar tersebut.

Menurut Rohadi, upaya pemadaman karhutla harus disegerakan, mengingat banyak faktor penghambat jika terlambat dalam penanganannya. Antara lain akses jalan untuk sampai ke lokasi yang lumayan sulit karena harus melewati jalur air. Selain itu, kawasan yang terbakar merupakan tanah gambut yang dapat menimbulkan sekam masih membara apabila tidak didinginkan dengan segera. Kesulitan lain adalah sumber air yang cukup minim di kawasan tersebut.

“Itu di antara faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pemadaman,” tuturnya.

Namun berselang beberapa jam, api akhirnya bisa berhasil dipadamkan serta dilakukan pendinginan.

Luas lahan yang terbakar berkisar 10 hektare. Sedangkan awal kemunculan titik api serta kemungkinan adanya pelaku yang menyebabkan kebakaran lahan tersebut, masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved