Yeyen Tumena Tegaskan Indonesia Ingin Menang Meski Tampil di Kandang Malaysia

Selasa (19/11) malam timnas Indonesia akan menantang timnas Malaysia pada laga kelima Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Yeyen Tumena Tegaskan Indonesia Ingin Menang Meski Tampil di Kandang Malaysia
tribunnews
Pelatih sementara timnas Indonesia, Yeyen Tumena. 

tribunpekanbaru.com - Timnas Indonesia siap tempur melawan tuan rumah Malaysia pada laga lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11) malam nanti. Skuad Garuda menargetkan menang dari tuan rumah, meskipun Malaysia lebih di atas angin karena menang pada laga pertama di Jakarta lalu.

Pelatih caretaker Timnas Indonesia, Yeyen Tumena mengatakan, timnya dalam kondisi baik dan siap tempur menghadapi pertandingan kelima di Grup G ini. Ia menyebut timnya sudah melupakan hasil buruk yang didapatkan pada empat laga sebelumnya, yang mencatatkan hasil selalu kalah. Para pemain timnas, menurutnya, siap untuk habis-habisan demi meraih angka pertama di grup ini.

"Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Laga ini menjadi momentum agar kami bisa meraih kemenangan," kata Yeyen dalam jumpa pers jelang pertandingan di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (18/11).

Skuad timnas sendiri datang lebih awal ke Malaysia, yaitu pada 12 November 2019 lalu. Kedatangan tim sengaja dipercepat, agar tim bisa melakukan persiapan lebih matang. Bahkan timnas sempat menggelar satu laga uji coja melawan tim PKNS FC beberapa hari lalu, dan berhasil meraih kemenangan 2-0.

Dengan kondisi seperti ini, Indonesia dinilai punya cukup persiapan untuk menghadapi Malaysia. Sebaliknya, Malaysia sendiri baru saja menghadapi Thailand pada Kamis pekan lalu, dan berhasil menang atas tim tamu 2-1. Pertandingan ketika itu, juga disaksikan langsung tim pelatih timnas, untuk mempelajari permainan lawan.

Yeyen menyebut, Malaysia merupakan tim yang bagus. Namun begitu, ia tetap optimistis anak asuhnya akan dapat meredam kekuatan Malaysia di rumah mereka.

"Dari hasil yang kita lihat dari pertandingan di Jakarta dan pertandingan kemarin saat Malaysia melawan Thailand, terlihat Malaysia bermain dengan sangat simpel, bermain dengan sangat baik. Di dua pertandingan kalau kita lihat, mereka bermain secara tim," katanya.

"Buat kami, siapapun pemain lawan yang akan datang ke pertahanan kami, itu adalah pemain yang berbahaya. Jadi kita tidak mengkhususkan harus menjaga siapa dan segala macam, tapi buat kami siapapun pemain dari Malaysia adalah pemain terbaik yang dimiliki oleh Malaysia, jadi harus diwaspadai," jelasnya.

Indonesia diharapkan dapat meraih poin penuh saat melawan Malaysia. Pada laga pertama lalu di Jakarta, Indonesia kalah 2-3 di Stadion Gelora Bung Karno, pada 5 September lalu. Selain itu, Indonesia juga harus mengakui keunggulan Thailand 0-3, Uni Emirat Arab 0-5, dan Vietnam 1-3.

Pada laga ini, Indonesia dilatih duet Yeyen Tumena dan Joko Susilo, menggantikan peran Simon McMenemy yang dipecat PSSI. Yeyen dan Joko sendiri sebelumnya adalah asisten Simon McMenemy. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved