Penyelundupan Manusia

BREAKING NEWS: Selundupkan TKI, Tekong Speedboat Dibayar Rp1,5 Juta Sekali Angkut

Tim gabungan dari Kepolisian Perairan (Polair) Mabes Polri, Polda Riau, dan Polres Bengkalis, sukses mengungkap kasus dugaan penyelundupan manusia.

BREAKING NEWS: Selundupkan TKI, Tekong Speedboat Dibayar Rp1,5 Juta Sekali Angkut
TRIBUN PEKANBARU / RIZKY ARMANDA
Direktur Polair Polda Riau Kombes Pol Badarudin (tengah) saat memimpin ekspos kasus pengungkapan penyelundupan manusia, Kamis (21/11/2019) 

BREAKING NEWS: Selundupkan TKI, Tekong Speedboat Dibayar Rp1,5 Juta Sekali Angkut

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -Tim gabungan dari Kepolisian Perairan (Polair) Mabes Polri, Polda Riau, dan Polres Bengkalis, sukses mengungkap kasus dugaan penyelundupan manusia.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan sebuah kapal speedboat yang digunakan untuk mengangkut belasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga ilegal dari Malaysia ke Indonesia.

Penegahan kapal tersebut dilakukan petugas di perairan Tanjung Medang, Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Kapal yang bermuatan 17 orang dewasa dan 1 orang bayi itu, diketahui berlayar dari pelabuhan di perairan Pork Dickson, Malaysia dengan tujuan Tanjung Leban, Bengkalis.

Direktur Polair Polda Riau Kombes Badarudin, didampingi Wadir AKBP Suprapto dan Kasubdit Gakkum AKBP Wawan Setiawan menjelaskan, keberhasilan menegah kapal yang mengangkut para TKI ilegal ini dilakukan pada Sabtu (12/10/2019) lalu.

Saat itu, tim gabungan sedang menggelar patroli rutin di kawasan perairan sekitar Pulau Rupat.

“Tim menemukan satu kapal speedboat bermuatan 18 orang, di daerah Tanjung Medang, Bengkalis. Ternyata saat diperiksa isinya warga kita (Indonesia) yang masuk dan keluar secara ilegal ke Malaysia,” papar Kombes Badarudin, Kamis (21/11/2019).

Dia melanjutkan, seorang nahkoda kapal
speedboat atau biasa disebut tekong berinisial MS alias Nanang, ikut diamankan.

“Dari hasil pendalaman, para TKI ini bekerja secara ilegal di Malaysia. Untuk saudara MS, yang bersangkutan kita proses (hukum). Sudah P21 di Kejaksaan, dan hari ini kita lakukan tahap II (pelimpahan barang bukti dan tersangka ke JPU),” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved