Berita Riau

Bupati Siak Riau Sebut Perampingan Birokrasi Tunggu Juknis Pusat

Bupati Siak Alfedri mengatakan, prinsipnya untuk merampingkan birokrasi supaya birokrasi berorientasi kerja dan tidak bertele-tele.

Bupati Siak Riau Sebut Perampingan Birokrasi Tunggu Juknis Pusat
istimewa
Bupati Siak Alfedri 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri mengatakan, rencana perampingan birokrasi oleh pemerintahan pusat belum sampai ke daerah. Bahkan belum jelas petunjuk teknisnya hingga sekarang.

"Iya rencana itu sudah ada dipusat dan tindaklanjutnya belum sampai ke daerah. Kita tunggu dulu gimana juknisnya," kata Alfedri, Kamis (21/11/2019).

Juknis tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi (RB). Ia meminta kepada pejabat eselon 3 dan 4 di Siak untuk terlalu reaktif.

"Jangan sikapi macam-macam dulu. ASN ini kan nanti siap saja ditempatkan di mana dan pada posisi apa. Jadi jangan sampai dipolitisir dulu," kata dia.

Menurut Alfedri, prinsipnya untuk merampingkan birokrasi supaya birokrasi berorientasi kerja dan tidak bertele-tele. Secara prinsip tersebut, ia mendukung kebijakan itu. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya manajemen birokrasi di daerah tidak terganggu.

"Karena tidak mungkin camat dan lurah ditiadakan. Padahal lurah itu eselon 4A, camat eselon 3," ujarnya.

Kalau camat dan lurah ikut dipangkas, maka terjadi ketimpangan birokrasi. Sebab, pelayanan kepada masyarakat akan menjadi centralistik di kabupaten.

"Tapi saya yakin ada mekanismenya nanti. Karena itu kita tunggu aja juknisnya nanti," tutup Alfedri. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved