Perang Ideologi di Masyarakat Bikin Partisipasi Pemilu 2019 di Riau Meningkat

Partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2019 di Provinsi Riau mengalami peningkatan. Pasalnya, perang ideologi yang terjadi di masyarakat.

Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2019 di Provinsi Riau mengalami peningkatan. Pasalnya, perang ideologi yang terjadi di masyarakat.

Hal itu dijelaskan dalam hasil riset mendalam terkait Pemilu di Riau 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Lembaga Kajian Sosial Politik Kontemporer (LKPSK).

Hasil riset ini dibahas Kamis (21/11/2019) bersama mahasiswa di aula gedung KPU Riau.

Acara langsung dihadiri Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, dan Komisioner KPU Divisi sosialisai Nugroho Noto Susanto dan Komisioner Divisi Data Abdurrahman.

Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto mengatakan hasil yang dilakukan LKPSK tersebut ada dua arah.

Yakni kenapa masyarakat datang ke TPS dan kenapa tidak.

VIDEO : Live Streaming Persib Bandung vs Barito Putera, Misi Maung Bandung Raih Tiga Poin

"Jadi ini hasil penelitian partisipasi pemilih pada pemilu 2019 di Riau, kerjasama dengan dosen di Universitas Riau. Kegiatan ni diperintah KPU RI, di antaranya disemenisasi hasil penelitian," ujar Nugroho Noto Susanto.

Memang diakui Nugroho tidak semua KPU di daerah menggelar penelitian sebagai bahan evaluasi Pemilu berikutnya.

Di pulau Sumatera hanya ada tiga provinsi yakni Riau, Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Selatan (Sumsel).

"Tidak semua ditunjuk KPU RI di Sumatera ada tiga Riau Sumut dan Sumsel. Riset ini lebih dalam membuat faktor apa saja menyebabkan pemilih hadir di TPS dan yang tidak hadir," ujar Nugroho.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved