Satpol PP Bongkar Enam Kios Tempat Penampungan Sementara Eks Plaza Sukaramai

Pedagang harusnya sudah mengosongkan penampungan sejak Senin lalu, seiring mulai dilaksanakan pembangunan akses masuk STC dari arah Cokroaminoto.

Satpol PP Bongkar Enam Kios Tempat Penampungan Sementara Eks Plaza Sukaramai
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Petugas Satpol PP Pekanbaru membuka paksa kios di TPS pedagang eks Plaza Sukaramai, Kamis (21/11). 

tribunpekanbaru.com - Sejumlah kios di Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang eks Plaza Sukaramai ternyata masih dikuasai pedagang. Ada enam kios yang ternyata belum kunjung diserahkan kepada Tim Percepatan Pembangunan Sukaramai Trade Centre (STC).

Pengelola STC yakni PT Makmur Papan Permata (MPP) menyebut bahwa para pedagang tersebut berjanji untuk menyerahkan kios tersebut pada Kamis (21/11). Apalagi proses pembangunan akses masuk STC dari Jalan HOS Cokroaminoto, saat ini sudah berlangsung. Karena itu, proses pembongkaran TPS yang masih dihuni pedagang tersebut juga sudah dilakukan.

"Kita sudah komunikasikan dengan pedagang. Mereka berjanji mengosongkannya hari ini (kemarin)," terang Kepala Cabang PT MPP, Suryanto, kepada Tribun, Kamis (21/11) siang.

Menurutnya, tempat relokasi bagi pedagang yang terdampak pembangunan STC tersebut sudah disiapkan. Mereka bisa berjualan sementara di TPS relokasi tersebut sembari menanti proses pembangunan selesai. Setelah pembangunan selesai, para pedagang nantinya akan kembali ke lokasi STC.

"Jadi sebenarnya tidak ada permasalahan. Pedagang itu belum meninggalkan kios tersebut karena barang-barangnya dan peralatan lain masih ada di sana," jelas Suryanto.

Suryanto menyampaikan bahwa proses pembongkaran kios tersebut sudah dilakukan, untuk mempermudah pembangunan akses masuk ke STC. Ia menyebut, pada Jumat (22/11) ini sudah mulai dilakukan percepatan pembangunan. "Tim proyek segera melakukan pemagaran," paparnya.

Ada 44 kios yang terkena dampak pembangunan akses masuk STC tersebut. Para pedagang pun direlokasi sementara ke kios lainnya yang berada tak jauh dari kawasan itu. Namun ternyata, masih ada enam kios yang belum mengosongkan lokasi tersebut.

Kondisi itu membuat petugas Satpol PP Kota Pekanbaru kembali melakukan penertiban terhadap kios yang berada di sekitar areal Sukaramai Trade Centre (STC) itu pada Kamis (21/11).

Saat penertiban ini, para petugas melakukan pembongkaran paksa kios yang berada di Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang masih dikuasai para pedagang tersebut.

Para pedagang seharusnya menyerahkan 44 kios kepada Tim Percepatan Pembangunan STC. Sesuai jadwal, penyerahan seluruh kioas ini seharusnya sudah dilakukan pada Senin (18/11) lalu. Ini dikarenakan tempat relokasi untuk para pedagang sudah disediakan, pascapembangunan akses masuk STC dari arah Jalan HOS Cokroaminoto.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved