Desain Bernama Si Tuah Jadi Pemenang Desain Logo dan Maskot Pilkada Dumai 2020

KPU Dumai mengumumkan pemenang lomba desain logo dan maskot untuk Pilkada Dumai 2020. Kedua pemenang merupakan karya warga Kota Dumai.

Desain Bernama Si Tuah Jadi Pemenang Desain Logo dan Maskot Pilkada Dumai 2020
tribun pekanbaru
Si Tuah, pemenang lomba desain maskot Pilkada Dumai 2020

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai akhirnya mengumumkan pemenang lomba desain maskot dan logo Pilkada Dumai 2020. Pengumuman pemenang ini dilakukan pada Jumat (22/11).

Ketua KPU Kota Dumai, Darwis, didampingi Komisioner Parno, dan Komisioner lainnya, mengaku bangga karena antusias masyarakat untuk mengikuti perlombaan ini cukup tinggi. Baik yang berasal dari Kota Dumai maupun dari beberapa kota dan kabupaten lain di Riau. Bahkan ada pula peserta yang dari Pulau Jawa.

"Yang lebih membanggakan, pemenang lomba desain maskot dan logo Pilkada Dumai 2020 adalah anak-anak Dumai, meskipun ada pula pemenang yang berasal dari Pulau Jawa," kata Darwis, Jumat (22/11).

Untuk pemenang logo Pilkada Dumai 2020 adalah Dwi Permata Bunda dari Kota Dumai. Sedangkan pemenang desain maskot Pilkada Dumai 2020 adalah Rizki Sevan Alba yang juga dari Kota Dumai.

"Kalau untuk juara dua dan tiganya, untuk desain maskot adalah Padrizal dari Dumai, sedangkan juara tiga Dulyani dari Jawa Barat. Sementara untuk desain logo, juara kedua adalah Muhamad Alif Nugraha dari Dumai, dan Dulyani dari Jawa Barat," terangnya.

Darwis menerangkan, untuk logo dan maskot yang menjadi juara, nantinya akan dipakai oleh KPU Kota Dumai sebagai logo dan maskot Pilkada Dumai 2020. KPU Dumai juga berhak untuk menyempurnakan logo dan maskot tersebut sesuai dengan ketentuan yang ada.

Darwis menerangkan, penilaian dalam lomba ini memiliki beragam kriteria, di antaranya berdasarkan orisininalitas, relevansi logo dengan pemilihan, unsur lokal kebudayaan dan ciri khas daerah, serta menilai secara estetika.

Untuk maskot pemenang merupakan desain yang diberi nama "Si Tuah." Sesuai namanya, "Si Tuah" berarti beruntung dalam bahasa Melayu. Maskot ini menggunakan pakaian adat dan senjata asli Melayu, karena Dumai berdiri di tanah Melayu.

"Kalau untuk logo berbentuk seperti perahu, dan nantinya akan disempurnakan lagi warna-warnanya," sebut Darwis.

Untuk penyerahan hadiah para pemenang dengan total Rp20 juta, menurut Darwis akan diberikan saat maskot dan logo Pilkada Dumai 2020 tersebut diluncurkan sekitar 14 Desember mendatang.

Sebelumnya, KPU Dumai menerima 20 logo dan 27 maskot sebagai peserta lomba desain logo dan maskot Pilkda Dumai 2020. Seluruh kiriman ini kemudian dinilai oleh tim juri untuk kemudian dipilih yang menjadi pemenang.

"Kita berharap dengan telah ditentukannya maskot dan logo Pilkada 2020 Dumai, pelaksanaan Pilkada Dumai 2020 nanti bisa berjalan lancar, aman, dan sukses," harap Darwis. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved