Berita Riau

PUPR Pelalawan Riau Minta Inspektorat Audit Proyek Turap Danau Tajwid

Pemkab Pelalawan belum membayar hasil pekerjaan kontraktor 100 persen mekipun proyek telah selesai

PUPR Pelalawan Riau Minta Inspektorat Audit Proyek Turap Danau Tajwid
istimewa
Proyek turap Danau Tajwid tahun 2018 yang dibangun Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan. Pembayarannya masih 30 persen dari total pagu anggaran. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan meminta Inspektorat melakukan audit terhadap proyek turap Danau Tajwid Kecamatan Langgam tahun 2018.

Audit dilaksanakan untuk menghitung nilai bangunan turap yang didirikan tahun 2018 lalu. Pasalnya Dinas PUPR berencana melunasi sisa pembayaran proyek tersebut kepada kontraktor pemenang tender. Pemda belum membayar hasil pekerjaan kontraktor 100 persen mekipun proyek telah selesai.

"Kami meminta audit inspektorat dengan tim independen. Ada join audit sebagai dasar bagi kami," ungkap Plt Kepala Dinas PUPR Pelalawan, Hardian Syahputra ST MT, Jumat (22/11/2019).

Hardian menerangkan, proyek turap di tepi Sungai Kampar itu dibayar masih 30 persen dari total pagu anggaran Rp 6,3 miliar.

Masih ada sisa anggaran yang belum dikucurkan sekitar Rp 4 miliar lebih lagi. Pembayaran tidak utuh 100 persen tahun lalu lantaran adanya penambahan waktu pelaksanaan 50 hari kerja dari masa kontrak.

Alhasil, Dinas PUPR hanya membayar sesuai progres pada November 2018 saja. Klausul pemberian tambahan waktu 50 hari kepada rekanan dengan memberlakukan denda keterlambatan.

"Sebenarnya tidak harus tahun ini. Pernyataan kontrakor, bersedia dibayar di APBD-P tahun 2019 atau APBD 2020," tambah Hardian.

Sebelum dilakukan pembayaran sisa, lanjut Hardian, pihaknya berhati-hati dengan mempertimbangkan hal-hal yang terkait.

Dinas PUPR akan mempelajari semua aspek untuk menghindari permasalahan yang terjadi di belakang hari. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved