Banyak Kejutan dari Daerah Lain, Atletik Riau Gagal Raih Target Emas di Popnas Jakarta

Atletik Riau gagal memenuhi target medali emas. Bahkan atletik Riau dikagetkan dengan banyaknya kejutan dari atlet daerah lain peserta Popnas.

Banyak Kejutan dari Daerah Lain, Atletik Riau Gagal Raih Target Emas di Popnas Jakarta
Super Ball/Feri Setiawan
Pertandingan atletik. 

tribunpekanbaru.com - Target yang diapungkan cabor atletik pada Popnas 2019 di Jakarta nampaknya tak sesuai harapan. Jajaran pelatih awalnya menargetkan 2 medali emas, namun tidak bisa direalisasikan.

Atletik Riau hanya bisa menyumbangkan 3 medali perak dan 2 perunggu untuk tim Riau. Hasil ini sekaligus membuat target Riau masuk sepuluh besar Popnas kian menjauh. Cabor Atletik sendiri sudah selesai ditandingkan pada Sabtu lalu.

"Kami pelatih, atlet, dan ofisial atletik minta maaf pada masyarakat Riau. Kami gagal meraih medali emas karena banyak kejutan dari daerah lawan," kata pelatih atletik Popnas Riau, Hasnor NS, Minggu (24/11) kepada Tribun.

Gagalnya atletik Riau meraih emas bukan tanpa alasan. Menurut Hasnor, untuk nomor lempar lembing diprediksi Riau meraih medali emas. Namun di luar dugaan, ada atlet asal Bali yang belum pernah ikut kejuaraan nasional namun sekali tampil langsung meraih emas. Begitu pula di nomor lontar martil.

"Awalnya kita waspadai atlet dari Ragunan. Tapi ternyata atlet DKI Jakarta yang melejit meraih emas," paparnya.

Tidak hanya itu, untuk jalan cepat yang awalnya ditargetkan meraih emas, di luar dugaan ternyata diraih oleh atlet dari Sumbar.

Meski hanya meraih 3 perak dan 2 perunggu, Hasnor bersama tim pelatih tidak menyalahkan siapapun. Baginya, semua atlet sudah tampil maksimal di nomor yang diikuti. "Usaha dan hasil pertandingan para atlet, kami apresiasi setinggi-tingginya," kata Hasnor.

Atletik Riau membawa 10 atlet ke Popnas 2019 di Jakarta. Dari 10 atlet tersebut, lima di antaranya meraih medali, terdiri dari 3 perak dan 2 perunggu.

Tiga perak disumbangkan MZ Fadillah dari lontar martil putra, M Lukman Nulhakim lempar lembing putra, serta Keysha Amanda dari jalan cepat putri. Sedangkan dua perunggu diraih oleh Dzaky dari lontar martil putra, dan M Hadi dari jalan cepat putra.

Sebagai gambaran, pada Popnas sebelumnya di Bangka Belitung tahun 2015 silam, atletik Riau meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved